Mengenal Software HR Beserta Daftar Rekomendasi Terbaiknya

KalbarOnline.com – Software HR menjadi salah satu terobosan terbaik yang dapat memudahkan perusahaan dalam pengelolaan segala hal terkait sumber daya manusia.

Apalagi bagi sebuah perusahaan dengan karyawan yang mencapai ribuan, software HR menjadi kebutuhan penting untuk menunjang operasional di dalamnya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Namun, apa itu software HR? Berikut kami sajikan ulasan lengkap mengenai software HR beserta dengan rekomendasi terbaiknya.

Pengertian Software HRIS

Software HR adalah sebuah sistem yang mampu mengelola dan menyimpan data karyawan dalam jumlah banyak. Data ini mencakup absensi, penggajian, pajak, dan aspek lainnya yang mempengaruhi performa karyawan.

Semua data tersebut terintegrasi dengan baik dalam database HRIS, menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan bisnis perusahaan.

Banyak yang mengira bahwa software HR tercanggih saat ini bisa menggantikan tim HR. Padahal, hal ini tidak benar. Posisi tim HR tetap penting karena interaksi manusiawi diperlukan dalam mengelola kemampuan dan pendekatan personal karyawan.

Tugas utama software HR adalah membantu tim HR dalam mengolah data dan elemen karyawan, sehingga kinerja menjadi lebih cepat dan akurat, bukan menggantikan peran mereka. Oleh karena itu, peran tim HR dalam perusahaan tetap krusial dan tak tergantikan.

Jenis-Jenis Software HR

Software HR terdiri dari tiga jenis utama, yaitu HRIS, HRM, dan HCM. Berikut penjelasan tentang masing-masing jenis software HR beserta contohnya:

Human Resource Information System (HRIS)

HRIS adalah sistem yang dirancang untuk mengelola sumber daya manusia, prosedur, dan kebijakan perusahaan. Sistem ini memudahkan perusahaan dalam berbagi informasi yang mendukung kinerja organisasi.

HRIS berfungsi sebagai basis data, membantu dalam perekrutan, pelatihan, pelaporan sumber daya manusia, dan manajemen keuntungan.

Human Capital Management (HCM)

Human Capital Management (HCM) mencakup elemen-elemen dari HRIS dengan beberapa fungsi tambahan. Sistem HCM memungkinkan HRD untuk mengelola karyawan internasional dengan berbagai bahasa dan mata uang yang berbeda.

Baca Juga :  Strategi untuk Berdagang dengan MetaTrader 5

Sistem HCM juga menyediakan solusi untuk perencanaan penggajian, penetapan tujuan, penganggaran, dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengan kinerja karyawan.

Human Resource Management System (HRMS)

HRMS atau Sistem Manajemen SDM adalah sistem yang paling komprehensif dibandingkan dengan HRIS dan HCM. HRMS menawarkan solusi manajemen waktu dan karyawan yang lebih mendetail. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola penggajian dan absensi secara bersamaan serta menyediakan alat perencanaan dan evaluasi.

Rekomendasi Software HR Terbaik yang Wajib Dilirik

Setelah mengetahui manfaat dari penggunaan software HR, berikut kami sajikan rekomendasi terbaiknya.

LinovHR

LinovHR merupakan salah satu Software HR terbaik di Indonesia yang bisa menjadi solusi terbaik untuk semua permasalahan yang menyangkut aspek pengelolaan sumber daya manusia.

Mulai dari pendataan karyawan, manajemen organisasi, hingga perencanaan karir semuanya bisa dimudahkan dengan satu software saja.

Karyawan dapat melakukan absensi jarak jauh, pengajuan cuti, reimburse, melaporkan KPI, bahkan mencetak slip gaji tanpa repot.

LinovHR merupakan software HR asli Indonesia yang juga memiliki fitur e-learning sehingga karyawan dapat mengikuti pelatihan.

Aplikasi software HR ini juga bisa diinstall di ponsel setiap karyawan. Tampilannya juga ramah bagi pemula serta mudah untuk digunakan.

Deel

Rekomendasi software HR yang kedua adalah Deel. Software ini telah hadir sejak tahun 2019 dan telah digunakan di lebih dari 88 negara.

Deel menawarkan kemudahan dalam proses onboarding, perancangan struktur organisasi, serta menyimpan data karyawan.

Paycor

Software HR satu ini khusus untuk mempermudah proses pengelolaan payroll. Sistem penggajian dilakukan secara otomatis, sehingga minim error.

Paycor juga memiliki fitur global payroll yang memudahkan perusahaan melakukan penggajian antar negara.

Workable

Software HR satu ini cocok untuk permasalahan hiring. Workable memungkinkan perusahaan menemukan kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang ada.

Baca Juga :  Ketahui Pentingnya Penerapan HRIS

Proses hiring juga bisa dilakukan dengan lebih cepat serta efisien. Software HR juga memudahkan proses onboarding karyawan.

Oyster

Masih dengan software HR yang khusus menangani soal rekrutmen, Oyster menyuguhkan proses hiring kandidat secara global dengan efektif.

Aplikasi ini sudah digunakan di lebih dari 180 negara, Oyster juga menawarkan proses penggajian tepat waktu untuk perusahaan yang memiliki tim di berbagai negara.

Manfaat Menggunakan Software HR

Sebelum masuk ke deretan rekomendasinya, inilah manfaat dari menggunakan software HR yang perlu Anda ketahui.

Mengurangi Human Error

Manfaat penggunaan software HR yang pertama tentu saja adalah mengurangi potensi terjadinya human error.

Berhadapan dengan ribuan data, struktur organisasi yang rumit, bahkan ketentuan ketika payroll sangat rentan dengan kesalahan bila menggunakan sistem manual.

Penggunaan software HR yang sudah terdigitalisasi dan otomatis jelas mengurangi resiko human error.

Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan software HR juga dapat meningkatkan produktivitas karena memungkinkan divisi human resource untuk fokus mengerjakan hal lainnya yang lebih mendesak dan penting.

Contohnya saat proses rekrutmen, pihak rekruter sudah tidak perlu repot menyortir CV satu persatu karena sudah ada sistem yang membuat proses ini dilakukan secara otomatis.

Data yang Tersimpan Aman

Manfaat dari menggunakan software HR selanjutnya adalah penyimpanan data yang terbilang lebih aman ketimbang manual.

Semua data tersimpan dalam satu sistem yang tidak bisa diakses oleh orang luar secara sembarangan. Bila ada kesalahan penginputan data juga lebih mudah diubah, karena sistemnya sudah canggih dan otomatis.

Comment