Mentebah Adakan Rembuk Stunting Tingkat Desa di Menaren

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Forum Komunikasi Kecamatan (Forkopimcam) Mentebah menggelar Rembuk Stunting Tingkat Desa di Desa Menaren, pada Rabu (08/08/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif untuk pencegahan serta penurunan stunting, sesuai dengan Permendes Nomor 8 Tahun 2022.

Turut hadir dalam kegiatan rembuk, Camat Mentebah, Abdil Hasyim beserta jajaran, Kapolsek Mentebah, IPTU Didik Rianto, Kades Menaren, Jahidin, Kepala Puskesmas Mentebah, Chandra Efendi,  beserta anggota.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Kemudian hadir juga Pendamping Lokal Desa Kecamatan Mentebah, Alexander Supriadi Selan, perangkat desa, lembaga desa, kader posyandu dan masyarakat sekitar.

Camat Mentebah, Abdil Hasyim menyampaikan, bahwa berbagai tindakan penting telah diambil untuk mencegah dan menurunkan stunting, diantaranya adalah pemberian makanan tambahan bergizi berupa bubur ayam dan susu untuk ibu dan anak, pemberian vitamin A dan obat cacing untuk anak, serta pengadaan alat ukur tinggi badan sebagai media pendataan stunting.

Baca Juga :  Wahyudi Hidayat Lepas Siswa-siswi Kelas IX MTS Ma'arif NU Kapuas Hulu 

“Selain itu, penyediaan air bersih dan sanitasi, pendidikan tentang tata cara pengasuhan anak, peningkatan kapasitas KPM, kader posyandu, dan pendidik anak usia dini juga menjadi fokus utama dalam upaya ini,” kata Abdil.

Menurut dia, berbagai upaya tersebut menunjukkan komitmen seluruh peserta dalam mendukung program pencegahan stunting di Desa Menaren. Program pencegahan stunting ini sendiri merupakan bagian dari program pemerintah yang harus didukung oleh setiap desa, dengan mengalokasikan anggaran khusus untuk penanggulangannya.

“Setelah rembuk stunting ini, akan disusun rencana tindak lanjut dan pelaksanaan program kegiatan guna mencegah dan mengurangi stunting di Desa Menaren. Harapannya, dengan adanya rencana tindak lanjut ini, pencegahan stunting bisa dilakukan secara lebih efektif dan terstruktur, sehingga generasi mendatang dapat tumbuh sehat dan cerdas,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tantangan Semakin Berat, Mantan Gubernur Kalbar Cornelis Ajak Masyarakat Dukung Penuh Pemerintahan Sutarmidji

Di tempat yang sama, Kapolsek Mentebah, IPTU Didik Rianto berharap, seluruh masyarakat Desa Menaren dapat mendukung program pemerintah terkait pencegahan dan penanggulangan masalah stunting.

“Dengan dukungan penuh dari masyarakat, Desa Menaren dapat mencapai tujuan bersama dalam menciptakan generasi yang sehat dan bebas dari stunting,” ujarnya. (Haq)

Comment