TP PKK Kalbar Salurkan Bantuan ke Korban Puting Beliung di Desa Pal 9, Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat bersama PMI Kalbar menyalurkan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Desa Pal 9, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya, Selasa (13/08/2024). Musibah tersebut merusak sebanyak 16 rumah.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson mengungkapkan kesedihannya dan turut mendoakan agar korban bencana tetap bersabar dan tabah menghadapi cobaan tersebut.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Kami turut belasungkawa atas kejadian yang menimpa warga disini. Tadi juga melihat dan mendengar cerita langsung dari mereka, kejadian jam 10 malam lagi tidur nyenyak di dalam kamar. Atap langsung berterbangan dengan angin yang cukup kuat sekali dan mereka mencoba untuk menyelamatkan diri dengan berada tetap didalam rumah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tower Internet Kuala Mandor B Tumbang, Pelayanan Kantor Camat Terkendala

Musibah angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (08/08/24) malam, diakui Windy masih menyisakan trauma dan kesedihan bagi warga yang terdampak.

”Tadi salah satu rumah yang kita kunjungi anak-anaknya masih kecil-kecil berada didalam rumah dengan ketakutan untuk menyelamatkan diri masing-masing. Masih penuh dengan air tadi di dalam rumah,” katanya.

Ada pun bantuan yang diberikan berupa bantuan bahan bangunan untuk rumah serta box P3K kit. Windy berharap, bantuan tersebut dapat bermanfaat serta meringankan beban korban bencana.

”Kita memberikan sedikit bantuan untuk meringankan beban mereka berupa seng kemudian ada box P3K family kit,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Windy juga mengajak kepala desa untuk turut serta mensosialisasikan kepada masyarakat akan tindakan dan kesigapan yang harus dilakukan masyarakat jika kejadian tersebut terulang kembali.

Baca Juga :  Muda Bangga Konventer Kit Ciptaan Putra Kubu Raya Digunakan se-Indonesia

“Mensosialisasikan ke masyarakat desa jika kejadian terulang kembali sudah ada kesiapsiagaan dari masyarakat untuk menanggulanginya,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Hujan deras disertai angin puting beliung melanda Desa Pal Sembilan, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya pada Kamis (08/08/2024) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Bencana alam tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah rumah warga. Selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga menumbangkan sejumlah pohon, yang berdampak pada terganggunya jaringan listrik di wilayah tersebut. (Lid)

Comment