Porwanas XIV Kalsel Resmi Bergulir, PWI Kalbar Terjunkan 5 Atlet

KalbarOnline, Banjarbaru – Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke XIV resmi bergulir di GOR Paman Birin, Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (22/08/2024).

Porwanas merupakan ajang tertinggi silaturahmi dan unjuk prestasi wartawan olahraga dari 38 siwo PWI provinsi dan satu Siwo PWI Kota Surakarta.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Selain siwo provinsi, porwanas juga diikuti oleh Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) se-Indonesia. Ajang yang berlangsung tiga tahunan ini sebelumnya digelar di Kota Malang Provinsi Jawa Timur.

Porwanas XIV Banjarmasin mempertandingkan total 12 cabang olahraga (cabor), yaitu cabor domino, biliar, futsal, tenis lapangan, bulutangkis, tenis meja, balogo, bridge, catur, dan esport, serta karya jurnalistik.

Ketua Siwo Kalbar, Alvia Alhadi mengatakan, pada porwanas kali ini, PWI Kalbar mengikuti tiga cabor, diantaranya badminton, atletik dan biliar.

Baca Juga :  Dana Abadi Pesantren Jadi Salah Satu Program Unggulan Gibran bersama Prabowo

“PWI Kalbar menerjunkan lima atlet dengan tiga cabor, yakni badminton, atletik dan biliar,” ujarnya.

Sebagai informasi, pembukaan Porwanas ke XIV Banjarmasin ini bertepatan dengan peresmian GOR Paman Birin. Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun menyampaikan bahwa keputusan tersebut merupakan sesuatu yang layak mendapatkan apresiasi.

“Saya merasa bangga dan bersyukur dengan acara pembukaan di GOR Paman Birin yang memang dibangun dan pertama kali digunakan untuk kepentingan porwanas. Kita berterima kasih, fasilitasnya begini bagus,” puji Hendry dalam sambutannya.

Hendry menjelaskan, bahwa porwanas merupakan ajang silaturahmi wartawan seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran, yang dikemas dengan pertandingan olahraga.

“Tetapi khusus untuk Porwanas Kalsel ini juga ada kegiatan tulis menulis, fotografi, terkait dengan Geopark Meratus. Ini akan memberikan kesempatan dari teman-teman untuk menunjukkan sisi lain dari wartawan selain bertanding,” katanya.

Baca Juga :  PWI Kalbar Kunjungi Manajemen PLN UIP KLB

Dia berharap, liputan lengkap wartawan soal Geopark Meratus akan menjadikan situs ini sebagai daerah tujuan wisata ramah lingkungan yang dapat menarik perhatian wisatawan.

“Dan di saat yang sama juga menunjukkan bahwa memelihara alam juga dapat memberi penghasilan secara ekonomis,” katanya.

Untuk diketahui, Porwanas XIV 2024 ini diikuti sebanyak 3.500 peserta, terdiri atas 789 atlet dari 36 provinsi. (Jau)

Comment