Martin Rantan Buka Kejuaraan Bergengsi Piala Bupati Ketapang 2024, Diikuti 47 Tim Kesebelasan

KalbarOnline, ketapang – Kejuaraan sepakbola bergengsi se-Kabupaten Ketapang, Piala Bupati Ketapang Tahun 2024, resmi dibuka pada Sabtu (24/08/2024), di Lapangan Utama Stadion Tantemak Ketapang.

Pembukaan itu ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Kejuaraan ini diikuti 47 tim/kesebelasan yang terdiri dari 20 kecamatan dan 10 klub sepakbola di bawah naungan PSSI Ketapang serta 17 tim kesebelasan dari undangan.

Bupati Ketapang dalam sambutannya mengatakan, kalau kejuaraan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi yang dinanti-nantikan oleh para pecinta sepakbola di Kabupaten Ketapang.

Tetapi lanjutnya, kejuaraan ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan napak tilas Kabupaten Ketapang tahun 2024.

“Kedua acara besar ini memiliki makna yang sangat penting bagi kita semua, karena tidak hanya mencerminkan kebersamaan dan semangat juang, tetapi juga melambangkan rasa cinta kita terhadap tanah air dan sejarah yang telah mengakar kuat di bumi Ketapang,” kata bupati.

Sepak bola sebagai olahraga yang paling populer dan dicintai oleh masyarakat, menurut bupati, memiliki kekuatan luar biasa dalam menyatukan berbagai lapisan masyarakat.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Buka Resmi Kegiatan HUT ke-12 Satuan Komunitas Pramuka Peduli Tahun 2022

“Di tengah-tengah kesibukan dan tantangan zaman yang semakin kompleks, sepakbola menjadi sarana efektif untuk memupuk semangat persaudaraan, sportivitas, dan kedisiplinan,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut bupati, kejuaraan ini tidak hanya berfungsi sebagai ajang hiburan, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat persatuan dan memperkokoh semangat kebangsaan kita.

“Kejuaraan sepakbola piala Bupati Ketapang ini diharapkan juga dapat menjadi ajang untuk menemukan dan mengembangkan bakat-bakat sepakbola lokal yang berpotensi besar,” harapnya.

Bupati Martin juga berharap, dari kejuaraan ini akan lahir para pemain sepakbola yang tidak hanya berprestasi di tingkat kabupaten, tetapi juga mampu bersaing di tingkat regional, nasional, bahkan internasional.

“Bagi para pelatih dan pembina sepakbola, kejuaraan ini adalah kesempatan emas untuk mengidentifikasi dan membina talenta-talenta muda yang kelak akan menjadi tulang punggung persepakbolaan Kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Martin juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang untuk turut serta memeriahkan kejuaraan ini dan juga kegiatan napak tilas yang akan datang.

“Kehadiran dan dukungan dari seluruh masyarakat akan memberikan energi positif bagi para atlet kita dan memperkuat semangat kebersamaan diantara kita semua. Mari kita bersama-sama merayakan olahraga dan sejarah kita dengan penuh rasa cinta dan bangga sebagai masyarakat Kabupaten Ketapang,” ajaknya.

Baca Juga :  Gelar Aksi Damai 717, FPRK Sampaikan 13 Tuntutan

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Sepakbola Piala Bupati Ketapang Tahun 2024, Darma yang juga Staf Ahli Bupati Ketapang bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, menjelaskan, waktu pelaksanaan kejuaraan ini selama 28 hari, dimulai tanggal 24 Agustus 2024 dan berakhir pada tanggal 20 September 2024, bertempat di Stadion Sepakbola Panglima Tentemak Kabupaten Ketapang.

“Sistem pertandingan ini menggunakan sistem gugur, serta menggunakan peraturan permainan standar asosiasi sepakbola,” jelasnya.

“Bagi pemenang 1, 2 dan 3 kejuaraan Sepakbola Piala Bupati Ketapang Tahun 2024 akan mendapatkan medali, piagam penghargaan serta uang pembinaan Bupati Ketapang,” tutup Darma.

Selanjutnya pada pertandingan pembuka mempertemukan juara bertahan Mandau Putra melawan Kendawangan FC berakhir dengan skor akhir 1-0 dimenangkan Mandau Putra FC. (Adi LC)

Comment