RSUD SSMA Bagikan Pokok Telok Untuk Anak yang Diimunisasi Polio

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 67 anak berusia 0 sampai 7 tahun telah mendapatkan tetes imunisasi polio tahap 1 di Pos Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Jumat (26/07/2024).

Direktur RSUD SSMA, Eva Nurfarihah SpTHT-KL menerangkan, jumlah tersebut bisa saja bertambah karena pendaftaran di lokasi RSUD SSMA akan ditutup pukul 09.00 WIB.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Alhamdulillah, hari ini kita bersama ibu Pj Ketua TP-PKK Kota Pontianak melaksanakan pemberian imunisasi polio di RSUD SSMA,” ujarnya.

Dari laporan yang diterimanya, 67 anak yang akan mendapatkan vaksin merupakan peserta yang sudah mendaftar melalui google form pendaftaran PIN Polio di RSUD SSMA maupun peserta yang mendaftar melalui pusat informasi rumah sakit.

Dia menyebut, selain membuka pendaftaran untuk peserta umum, target sasaran penerima imunisasi di RSUD SSMA adalah anak-anak yang berada di sekitar rumah sakit.

Baca Juga :  Tips Pengobatan Hipertensi yang Optimal

“Seperti pengunjung rumah sakit yang sedang membawa anak, anak yang berada di sekitar rumah sakit maupun anak dari pegawai rumah sakit yang belum mendapatkan vaksin polio,” terangnya.

Menurutnya, peran orang tua sangat penting untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan PIN Polio di RSUD dengan cara berpartisipasi aktif membawa anak-anak mereka ke rumah sakit sebagai salah satu Pos PIN terdekat.

Untuk pemberian imunisasi polio di RSUD SSMA akan dilaksanakan 2 tahap. Tahap pertama pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2024 dan tahap kedua dijadwalkan pada tanggal 9 Agustus 2024.

Mengingat pentingnya imunisasi polio untuk mencegah kelumpuhan, dirinya mengimbau agar para orang tua tidak ragu mengikutsertakan anak-anaknya untuk mendapatkan vaksin polio karena imunisasi polio telah terbukti aman bagi anak-anak.

Baca Juga :  RSUD SSMA Berbagi Informasi Pentingnya Imunisasi pada Anak

“Dengan dua tetes imunisasi polio bisa mencegah terjadinya penyakit polio jadi jika anak kita terlindungi maka tidak akan menyebarkan ke anak-anak lain karena polio juga bisa menyebar melalui droplet air ludah,” imbuhnya.

Bagi anak-anak yang sudah mendapatkan vaksin, RSUD SSMA Kota Pontianak memberikan souvenir berupa pokok telok sebagai cinderamata penyemangat anak-anak agar mau dilakukan imunisasi.

Alhamdulillah antusias anak-anak luar biasa, setelah imunisasi kita berikan pokok telok sebagai cinderamata, telurnya juga bermanfaat untuk dikonsumsi untuk mencegah stunting,” tutup Eva. (Jau)

Comment