Ribuan Peserta Meriahkan Pembukaan Forprov I Kalbar 2024

Ajang Kebersamaan dan Semangat Olahraga

KalbarOnline, Pontianak – Pembukaan Festival Olahraga Masyarakat Indonesia Provinsi (Forprov) I Kalbar Tahun 2024 berlangsung meriah di GOR Terpadu Ahmad Yani, Kota Pontianak, pada Jumat (09/08/2024).

Pembukaan Forprov I tersebut dihadiri tidak kurang oleh 1.375 peserta dari berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Para peserta ini berasal dari 11 kabupaten/kota di Kalbar yang antusias mengikuti 16 Induk Organisasi Olahraga (Inorga) selama festival yang akan berlangsung hingga 15 Agustus 2024.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Pembukaan resmi Forprov I Kalbar 2024 tersebut ditandai dengan sumpitan balon oleh Windy Prihastari, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, yang mewakili Pj Gubernur Kalbar.

Dalam kesempatan itu, Windy juga menyerahkan bendera Kormi kepada Ketua Panitia Forprov 2024, dengan disaksikan oleh Forkopimda Kalbar dan para bupati/wali kota se-Kalbar atau perwakilan, serta Kepala perangkat daerah di lingkup Pemprov Kalbar.

Dalam sambutannya, Windy memberikan apresiasi kepada atlet kebanggaan Kalbar, Veddriq Leonardo yang berhasil meraih medali emas pertama untuk Indonesia dalam cabang olahraga panjat tebing di Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga :  Momen Hari Kartini 2023, Wagub Kalbar Ajak Wanita-wanita Kalbar Terus Berinovasi dan Berpartisipasi Dalam Pembangunan Daerah

“Prestasi Veddriq Leonardo ini sangat membanggakan. Mari kita semua memberikan penghormatan dengan menyanyikan lagu ‘Bagimu Negeri’,” ajak Windy, yang disambut antusias seluruh peserta.

Windy juga menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kalbar dalam memajukan dunia olahraga, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

“Kami akan terus mendukung para atlet Kalbar agar dapat berprestasi, membawa nama baik Indonesia di kancah dunia,” ujarnya.

Adapun Forprov I Kalbar 2024 ini, disebutkan Windy, sebagai ajang yang istimewa bagi para pegiat olahraga di Kalbar. “Ini adalah momen di mana kita semua bersatu sebagai keluarga besar yang berkomitmen untuk memberikan prestasi terbaik,” tambahnya.

Meskipun begitu, ada tiga kabupaten yang belum berpartisipasi dalam Forprov 2024, karena belum terbentuknya kepengurusan Kormi di daerah tersebut. Windy berharap, Kormi Kalbar dapat segera memperluas jangkauan kepengurusan ke seluruh kabupaten di Kalbar.

Baca Juga :  Menghajar Sangat Brutal, Lawan Jatuh Dua Kali, Rebut Sabuk Juara Dunia

“Kami dari Pemerintah Provinsi Kalbar melalui disporapar akan terus mendorong agar seluruh kabupaten dapat berpartisipasi di ajang ini,” terangnya.

Wakil Ketua I Kormi Kalbar, Danianus Petrus, juga mengapresiasi ribuan peserta yang datang dari 11 kabupaten/kota itu.

“Acara ini baru pertama kali digelar di Kalbar dan akan menjadi tolok ukur untuk penyelenggaraan berikutnya setiap dua tahun sekali,” katanya.

Festival ini juga menjadi ajang untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, dari anak-anak hingga lansia, untuk berolahraga bersama.

“Kami tidak hanya fokus pada prestasi, tapi lebih kepada semangat mengajak masyarakat untuk mencintai olahraga,” pungkas Danianus. (Jau)

Comment