Ma’ruf Amin Kenakan Baju Teluk Belanga Pontianak Saat Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Merdeka

KalbarOnline, Jakarta – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengenakan teluk belanga yang merupakan pakaian adat khas Melayu Pontianak, Kalimantan Barat, saat menghadiri upacara kemerdekaan RI ke-79 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/08/2024).

Wakil presiden, mengenakan setelan teluk belanga warna oren dipadu kain sarung corak insang dengan warna senada di pinggang dan memakai penutup kepala yang biasa disebut tanjak. Sementara itu, Wury Ma’ruf Amin juga tampak serasi mengenakan baju kurung polos bernuansa oren dipadu dengan selendang senada yang juga bercorak insang.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Pakaian adat yang dikenakan oleh Wapres RI dan Wury Ma’ruf Amin tidak hanya mencerminkan aspek fungsional, tetapi juga mengandung makna mendalam dari segi budaya dan tradisi.

Baca Juga :  Kejati Kalbar Gelar Vaksinasi Massal Sekaligus Bagi-bagi Sembako

Setiap tahunnya, Ma’ruf Amin dan sang istri selalu tampil dengan baju adat yang berbeda-beda dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  Begini Suasana Jemaah Ijtima di Hotel Milik Pemprov Sulsel

Tahun lalu, mereka mengenakan pakaian adat Kota Gadang dari Sumatera Barat, sementara sebelumnya, mereka mengenakan baju adat dari Banten, Sukabumi, dan Palembang. (Lid)

Comment