Megawati Resmi Rekomendasikan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilkada Jateng 2024

KalbarOnline.com – Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, secara resmi memberikan rekomendasi kepada mantan Panglima TNI, Andika Perkasa, dan Hendrar Prihadi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Jawa Tengah 2024.

Nama Andika diumumkan oleh Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, pada gelombang ketiga pengumuman daftar calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP. Pengumuman ini dilakukan di kantor DPP PDIP, Jakarta, pada Senin (26/8).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Dari Provinsi Jawa Tengah, Jenderal TNI Purnawirawan Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi,” ungkap Hasto dalam pernyataannya.

Sebelumnya, sinyal bahwa Andika akan diusung oleh PDIP di Jawa Tengah sudah sempat disampaikan oleh beberapa elite partai, termasuk Hasto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga :  Lawan COVID-19, Maria Lestari dan DPC PDIP Landak Lakukan Disinfeksi Hingga Bagikan Masker

Ganjar, yang juga merupakan mantan Gubernur Jawa Tengah, menjelaskan bahwa peluang Andika untuk maju semakin besar karena ia kini adalah kader PDIP. Selain itu, latar belakang militer Andika dinilai strategis dalam menghadapi Ahmad Luthfi, yang merupakan calon dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan latar belakang kepolisian.

“Bahwa ada background itu mungkin bisa menjadi pertimbangan, tapi yang utama bukan itu. Karena Pak Andika sekarang masuk PDIP, dia anggota partai,” ujar Ganjar.

Ganjar juga memperkirakan bahwa kontestasi Pilgub Jateng 2024 akan semakin menarik jika PDIP benar-benar mengusung Andika Perkasa.

Andika Perkasa adalah mantan Panglima TNI yang baru-baru ini resmi bergabung dengan PDIP saat Pilpres 2024. Selain itu, ia juga merupakan menantu dari mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono.

Baca Juga :  Viral Video Warga Tangkap Tangan Diduga Penerima Politik Uang di Ketapang, Sebut Nama PDIP dan Kasdi

Di Pilgub Jateng, Andika kemungkinan besar akan berhadapan dengan Ahmad Luthfi, yang telah diusung oleh Partai Gerindra. Gerindra memasangkan Luthfi dengan politikus PPP, Taj Yasin Maimoen, sebagai calon wakil gubernur.

Keputusan Gerindra ini sekaligus menggugurkan rencana mereka untuk mengusung putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, sebagai Cawagub Jateng, karena Kaesang belum memenuhi syarat usia untuk mengikuti Pilkada 2024. (Lid)

Comment