Asisten I Setda Hadiri Pemilihan Duta Gizi Kabupaten Ketapang Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra, Heryandi menghadiri Malam Grand Final Duta Gizi Kabupaten Ketapang Tahun 2024, Senin (26/08/2024), di Gedung Pancasila Ketapang.

Kegiatan diawali dengan parade awal 20 Finalis Duta Gizi Ketapang Tahun 2024 dengan menggunakan pakaian adat nusantara.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Heryandi mengatakan, remaja bisa jadi agen perubahan dalam menurunkan angka kejadian stunting atau kurang gizi kronis di Indonesia, termasuk di Kabupaten Ketapang. Caranya, dengan meningkatkan pemahaman tentang gizi dan kesehatan sejak dini.

“Langkah cepat dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan pada remaja dapat dilaksanakan pada anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah,” ujarnya.

Melalui kerja sama dengan sektor terkait, yang dalam hal ini pihak dinas kesehatan melalui puskesmas, untuk dapat memberikan edukasi terkait.

“Remaja perlu dilibatkan pencegahan stunting. Remaja dalam harus disadarkan, bahwa mereka harus sehat,” ucapnya.

Baca Juga :  Dewan Minta Perusahaan Pembawa Dua TKA di PT Laman Mining Ditindak

Selain itu, melalui pemilihan Duta Gizi Kabupaten Ketapang ini, Bupati Ketapang berharap agar dapat membekalkan ilmu gizi dan kesehatan kepada pelajar sebagai peserta, sehingga dapat menyampaikan edukasi kepada teman-teman di sekolah tentang informasi seputar kesehatan dan gizi, dengan demikian diharapkan remaja sadar tentang arti pentingnya kesehatan.

“Kepada para pemenang, saya ucapkan selamat atas keberhasilan dan prestasi yang dicapai, laksanakan lah tugas sebagai duta gizi dengan sebaik-baiknya, dan kepada yang belum berhasil juga saya ucapkan terima kasih atas partisipasi dan tetap semangat, semoga ke depan dapat meraih keberhasilan,” sampai Bupati dalam sambutannya.

Sementara itu, ketua panitia, Uti Muhammad Suryansah menjelaskan, duta gizi ini merupakan program DPC Persagi Ketapang, dan tahun 2024 ini merupakan program kedua kalinya dilaksanakan di Kabupaten Ketapang.

“Kita berupaya konsisten dalam mewujudkan program ini karena yang kami lihat dari tahun sebelum, animo dari kegiatan sangat meningkat karena program yang kami sematkan kepada Duta gizi itu telah berhasil dalam pencapaian salah satunya kegiatan aksi bergizi di sekolah,” pungkasnya.

Baca Juga :  Lampaui Target Nasional, Angka Stunting di Pontianak Turun Jadi 12,4 Persen

Selanjutnya pada penentuan peletakan mahkota Duta Gizi Tahun 2024, terpilih Vania Prilly utusan SMA PL Santo Yohanes. Peletakan mahkota dan pemasangan selempang duta gizi dilakukan oleh Wakil Ketua PKK Ketapang, Ervani Masitha Farhan.

Secara lengkap, adapun para peserta finalis duta gizi yang berhasil mendapat juara yaitu:

  1. Juara Pertama (Duta Gizi 2024), Vania Prilly (SMA PL. Santo Yohanes).
  2. Runner Up, Alisya Keyla Putri Agni (SMKN 1 Kendawangan).
  3. Duta Berbakat Utin Lutfia Syifa (SMAN 1 Ketapang).
  4. Duta Favorit, Icha ( SMKN 1).
  5. Duta Persahabatan, Weny Aulia (SMAN 1 Kendawangan).
  6. Best Costum, Reva Herlita (SMAN 1 Marau). (Adi LC)

Comment