Pj Sekda Ketapang Hadiri Pemilihan Putra dan Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang 2024

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Donatus Franseda menghadiri acara Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang Tahun 2024, di Hotel Asana Nevada Ketapang, Kamis (13/09/2024) malam.

Donatus dalam sambutannya mengatakan, bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat vital dalam perekonomian dan Ketapang sebagai bagian dari nusantara juga memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang ini.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Pemerintah Kabupaten Ketapang terus berkomitmen untuk memajukan sektor pariwisata, dan pemerintah Kabupaten Ketapang juga memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi minat dan bakat generasi muda,” ujar Donatus membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Kabupaten Ketapang lanjutnya, memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Ada potensi wisata alam seperti Sinar Kuri yang beberapa waktu lalu mendapat penghargaan dari Anugerah Pariwisata Indonesia, serta di tahun ini juga Pulau Cempedak Kendawangan dan 12 Desa di Kalimantan Barat berhasil masuk 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia dari 6.016 Desa Wisata se-Indonesia.

“Ketapang juga memiliki Wisata Budaya yang beragam seperti event Robo’ Robo’, event Festival Budaya Melayu, Pekan Gawai Dayak dan sebagainya. Oleh karena itu kami percaya, dengan terselenggaranya acara ini, akan semakin meningkatkan promosi wisata di Kabupaten Ketapang dan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Pj Sekda Sambut Kunjungan Kepala BPK Perwakilan Kalbar di Ketapang

Selain itu Donatus juga menyampaikan, bahwa Kabupaten Ketapang akan mengadakan kembali Napak Tilas 2024, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperingati sejarah dan kebudayaan daerah.

“Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan kembali warisan budaya, sejarah penting, dan potensi wisata yang ada di Kabupaten Ketapang,” katanya.

Tujuan utama dari Napak Tilas 2024 adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan sejarah serta budaya daerah, sekaligus mempromosikan potensi pariwisata Ketapang kepada khalayak yang lebih luas.

“Acara ini tentunya akan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, terutama generasi muda, dalam upaya melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya lokal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang memberikan dampak positif bagi pariwisata dan perekonomian daerah,” ucapnya.

Bupati berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menumbuhkembangkan minat dan bakat serta kemampuan putra putri terbaik dengan tujuan untuk ikut mengembangkan potensi pariwisata Kabupaten Ketapang.

“Mari bersama-sama kita merayakan dan menghargai sejarah dan budaya di Kabupaten Ketapang melalui Napak Tilas 2024 ini,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang, Junaidi Firrawan berharap, Putra Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang yang terpilih akan menjadi duta wisata yang akan mempromosikan potensi dan destinasi wisata serta ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Ketapang, sehingga dapat mengangkat nama baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional.

Baca Juga :  Baru Midji – Norsan Yang Berani Datang ke Singkup, Ini Harapan Warga

“Selain itu, putra-putri wisata yang terpilih sebagai juara akan mewakili Kabupaten Ketapang sebagai pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara tingkat Provinsi Kalbar, dari tingkat Provinsi para pemenang akan diikutkan lagi pemilihan di tingkat nasional,” pungkasnya.

Adapun pemenang pada Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang Tahun 2024, sebagai berikut:

  1. Pemenang Putra Pariwisata Nusantara Ketapang Tahun 2024 yaitu Uti Wendra Anggara.
  2. Pemenang Putri Pariwisata Nusantara Kabupaten Ketapang Tahun 2024 yaitu Rizky Indah Maharani.
  3. Runner Up I Putra Pariwisata Nusantara Ketapang yaitu Hasasul Fikri.
  4. Runner Up I Putri Pariwisata Nusantara Ketapang yaitu Silvia Febrianti.
  5. Runner Up II Putra Pariwisata Nusantara Ketapang yaitu Dimas Putra Pranata.
  6. Runner Up II Putri Pariwisata Nusantara Ketapang yaitu Madona Sherly.
  7. Berbusana terbaik Putra Pariwisata Nusantara yaitu Muhammad Dani.
  8. Berbusana terbaik Putri Pariwisata Nusantara yaitu Ghanetha Vinsa Anastasya.
  9. Favorit Putra Pariwisata Nusantara yaitu Hervan Muhammad Zulfiansyah.
  10. Favorit Putri Pariwisata Nusantara yaitu Shifa Yasmina Mumtazah.
  11. Intelegensi Putra Pariwisata Nusantara yaitu Refal Andika.
  12. Intelegensi Putri Pariwisata Nusantara yaitu Maisharah. (Adi LC)

Comment