Kagama Kalbar Ikut Dampingi Jokowi Tinjau Kawasan Wanagama Nusantara di Ibu Kota Nusantara

KalbarOnline, Kaltim – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan sekaligus pencanangan kawasan Wanagama Nusantara di Zona Rimba Kota B, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/09/2024).

Pencanangan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memperkuat kelestarian lingkungan dan pendidikan berkelanjutan di IKN. Wanagama sendiri merupakan hutan pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Pengurus Daerah (Pengda) Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) pun ikut serta hadir dalam prosesi pencanangan tersebut. Kehadiran Ketua Pengda Kagama Kalbar, Harisson kala itu diwakili oleh Pengurus bidang Kemitraan dan Informasi, Taufiqurrahman dan Muhammad Zukhaidir.

Baca Juga :  Ikut Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa Dianjurkan Lakukan Swab Test

Acara ini merupakan bagian dari komitmen Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai Smart Forest City.

Wanagama Nusantara adalah inisiatif UGM yang berfokus pada pengembangan hutan pendidikan dan penelitian lintas disiplin seluas 621 hektar di kawasan inti Pusat Pemerintahan IKN. Tujuannya adalah untuk menjadikan model restorasi hutan hujan tropis untuk mengatur hidrologi dan iklim mikro di IKN, serta menjadi sarana konservasi jenis-jenis tanaman asli hutan hujan tropis.

Program utama Wanagama Nusantara ini meliputi pengembangan zonasi hutan pendidikan, pengembangan Institute for Future Life sebagai fasilitas pendidikan dan penelitian dengan konsep Smart and Green Building, serta restorasi, reforestasi, dan enrichment planting.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Dukung Percepatan Perizinan penyelenggaraan Event

Wanagama Nusantara akan berperan sebagai penyerap karbon dan pengendali kawasan terbangun untuk meminimalkan emisi. Program enrichment planting akan meningkatkan keragaman tanaman dengan penanaman spesies endemik Kalimantan seperti tengkawang, meranti merah dan ulin.

Ketua Pengda Kagama Kalbar, Harisson mengajak seluruh alumni UGM di Kalbar untuk mendukung inisiatif ini sebagai bagian dari kontribusi almamater dalam pembangunan nasional, khususnya pengembangan Ibu Kota Nusantara yang berkelanjutan.

“Mari kita bersama memberikan kontribusi mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan,” ajak Harisson. (Jau)

Comment