Festival Robo-Robo Mempawah: Tradisi Budaya yang Terus Dilestarikan, Windy Harisson Hadirkan Dukungan Pemprov Kalbar

KalbarOnline.com – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disprapar) Kalbar, Windy Prihastari, mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar dalam acara Festival Robo-Robo yang digelar di Kabupaten Mempawah, Rabu (4/9). Windy ikut berlayar menuju muara Sungai Mempawah, tempat di mana ritual budaya ini berlangsung.

Acara robo-robo dimulai dengan ritual buang-buang dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Raja XIII Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, dari atas kapal. Festival Robo-Robo sendiri telah menjadi salah satu agenda penting dalam Calender of Event (CoE) Kalbar, yang rutin didukung Pemprov Kalbar setiap tahunnya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Festival Robo-Robo ini merupakan salah satu event unggulan yang selalu mendapat dukungan dari Pemprov Kalbar, termasuk bantuan dana untuk pelaksanaan kegiatan,” kata Windy Prihastari. Tahun ini, Pemprov Kalbar memberikan dukungan sebesar Rp100 juta untuk pelaksanaan festival.

Baca Juga :  Sutarmidji Usulkan Penghentian Sementara Penerbangan Pontianak - Malaysia (PP) ke Kemenhub

Windy juga berharap Festival Robo-Robo dapat berkembang lebih besar dan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan ajang budaya berskala nasional. “Semoga tradisi ini terus dilestarikan dan menjadi daya tarik wisata nasional,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pengusaha Keripik Pisang di Mempawah Ditemukan Tewas Bersimbah Darah, Diduga Kuat Korban Pembunuhan

Tak hanya warga lokal, festival ini juga dihadiri oleh pemuda dari Italia dan Jepang yang tertarik untuk melihat tradisi unik tersebut. Windy berharap Festival Robo-Robo dapat membangkitkan ekonomi kreatif masyarakat Kalbar, terutama di Kabupaten Mempawah. (Jau)

Comment