Harisson dan Windy Sampaikan Duka Relawan PMI yang Meninggal Dunia Akibat Musibah Alam

KalbarOnline, Kubu Raya – Kabar duka datang dari kegiatan perkemahan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) se-Kalimantan Barat (Kalbar) yang digelar di Desa Wisata, Taman Agrowisata Rekadena, Jalan Jeruju Darat, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi di area perkemahan menimpa salah satu tenda peserta, hingga memakan korban jiwa, satu orang meninggal dunia.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson yang menerima informasi tersebut mengungkapkan, perkiraan kejadian terjadi pada pukul 04.30 WIB, Rabu (18/09/2024).

“Angin kencang tiba-tiba di Area Perkemahan disertai hujan. Hujan setelah adzan subuh, pohon tumbang di area perkemahan, menimpa tenda nomor enam (perkiraan jam 04.30 WIB),” ungkap Harisson dari laporan tertulis yang ia terima.

Lebih lanjut dijelaskan, isi tenda yang tertimpa pohon terdapat 10 orang peserta laki-laki. Dengan rincian, tujuh orang dalam kondisi baik, dua luka-luka, dan satu orang meninggal dunia. Dari dua korban luka-luka, pertama berinisial EK mengalami memar, dan satu lagi inisial N mengalami patah kaki. Sedangkan korban meninggal dunia tertimpa pohon merupakan KSR Untan Perwakilan PMI Kota Pontianak asal Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, inisial E.

Baca Juga :  Harisson Sebut Wajar Midji Tegur Atbah: Sudah Sering Diingatkan Tapi Dianggap Angin Lalu

“Sementara peserta (yang lain) mengungsi di Aula Depan, area perkemahan dikosongkan, dan akan dievakuasi atau dibawa ke Markas PMI Kalbar. Korban meninggal saat ini sudah di Kamar Mayat RSUD Soedarso. Untuk perawatan dua korban ditangani di RS Kota Pontianak,” terangnya.

Sementara evakuasi barang-barang peserta belum bisa dilakukan, karena masih terjadi angin kencang, dan hujan deras di lokasi. Di mana di lokasi tersebut terdapat total 14 tenda, yakni Family Tend dengan kapasitas masing-masing 10 orang.

“Saya atas nama pribadi maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar menyampaikan duka cita mendalam atas musibah yang terjadi di acara perkemahan relawan PMI se-Kalbar. Semoga korban meninggal husnul khatimah, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, serta ketabahan. Untuk korban luka-luka semoga segera pulih, dan sehat kembali,” harapnya.

Baca Juga :  PDAM Kubu Raya Tertibkan Meteran Ilegal

Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalbar yang juga Bendahara PMI Kalbar, Windy Prihastari turut menyampaikan duka atas musibah yang menimpa relawan dalam kegiatan tersebut. Windy sebelumnya memang sempat hadir saat pembukaan perkemahan relawan PMI se-Kalbar tersebut.

“Turut berduka cita yang mendalam. Semoga keluarga diberikan ketabahan, dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini. Almarhum meninggal juga sedang dalam melaksanakan tugas, mengikuti pelatihan untuk kerelawanan,” ucap Windy. (Jau)

Comment