Cegah Penyakit Tidak Menular Lewat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

KalbarOnline, Pontianak – Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian nasional dan global. Morbiditas dan mortalitas PTM kian meningkat di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan angka PTM, salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Germas merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Informasi tersebut disampaikan oleh Natalia Mastika, saat memberikan penyuluhan kesehatan tentang Germas kepada 35 pasien dan pengunjung di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Selasa (16/07/2024).

Baca Juga :  Tak Suai, MyPertamina Baiknya Ditinjau Ulang

“Beberapa contoh penyakit tidak menular yang dapat dicegah dengan Germas antara lain hipertensi, diabetes melitus (DM), penyakit jantung, stroke, obesitas dan kanker,” jelasnya.

Penyakit-penyakit tersebut dapat dicegah dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

“Sangat penting untuk melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga minimal 30 menit per hari, disesuaikan dengan kondisi fisik. Olahraga yang dapat dilakukan seperti senam, bersepeda, jalan kaki, jogging, sepak bola, basket dan lainnya, sesuai dengan kemampuan fisik individu,” terangnya.

“Menerapkan pola makan sehat, bergizi, dan seimbang dengan konsumsi buah dan sayur juga merupakan langkah penting dalam pencegahan PTM,” lanjutnya.

Baca Juga :  RSUD SSMA Pontianak Berikan Edukasi Penggunaan Obat yang Tepat

Selain itu, melakukan kontrol kesehatan secara berkala setiap enam bulan sekali sangat disarankan. Pemeriksaan kesehatan yang dapat dilakukan meliputi cek tekanan darah, cek kadar gula darah, cek kolesterol, tes darah lengkap di laboratorium, cek lingkar perut dan deteksi dini kanker leher rahim.

“Dengan menerapkan pemeriksaan kesehatan secara rutin, diharapkan dapat mencegah penyakit tidak menular, sehingga masyarakat bisa lebih produktif dan hidup sehat,” tutup Natalia. (Jau)

Comment