Pj Bupati Kubu Raya: Ormas Harus Berperan Aktif dalam Pembangunan

KalbarOnline, Kubu Raya – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kubu Raya menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Partisipasi Ormas dalam Mendukung Program Pemerintah, di Hotel Harmony Inn, Sungai Raya.

Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menilai, kalau acara ini sangat penting untuk mendorong organisasi kemasyarakatan (ormas) agar berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Saat membuka rapat, Kamaruzaman mengungkapkan, meskipun kebebasan berserikat dan menyatakan pendapat adalah hak konstitusi, pemerintah perlu memastikan bahwa ormas dapat mengambil peran positif dalam pembangunan.

Baca Juga :  Pemasangan PJU-TS, Muda Mahendrawan : Pemkab Siap Kawal Sesuai Kebutuhan Masyarakat

“Rakor ini adalah bagian dari upaya tersebut,” timpalnya.

Menurutnya, tantangan utama dalam mengelola ormas adalah mengarahkan keberadaan mereka agar memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan negara.

“Pemerintah daerah, melalui Badan Kesbangpol, melaksanakan rakor ini setiap tahun untuk meningkatkan pengetahuan ormas dan memaksimalkan partisipasi mereka,” jelas Kamaruzaman.

Dirinya juga menggarisbawahi, bahwa partisipasi ormas dalam pembangunan diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Undang-undang ini menegaskan pentingnya peran ormas dalam pembangunan.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Usulkan 500 Formasi CASN dan PPPK

“Rakor ini memberikan manfaat bagi pemerintah dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan terkait pembinaan dan pemberdayaan ormas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kamaruzaman berharap, ormas dapat memaksimalkan fungsi dan visinya sesuai dengan tujuan bangsa. “Rakor ini juga membuka wawasan masyarakat tentang manfaat dan fungsi ormas sebagai penyalur aspirasi,” tambahnya. (Jau)

Comment