Penari Kolosal Kalbar Siap Pukau Istana Negara di Hari Kemerdekaan RI ke-79

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat akan mengirimkan 25 penari kolosal untuk tampil di Istana Negara pada 17 Agustus 2024.

Penari-penari tersebut akan membawakan Tari Rentak Kapuas, yang menggambarkan semangat masyarakat Kalimantan Barat dalam menjalani kehidupan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Secara seremonial, para penari ini bahkan telah resmi dilepas keberangkatannya oleh Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat yang juga Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson, di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (06/08/2024) kemarin.

“Tarian ini merupakan simbol kebersamaan dan kesejahteraan, seperti Sungai Kapuas yang mengalir di seluruh jantung kehidupan Kalimantan Barat. Tari Rentak Kapuas menggabungkan gerakan tradisi Melayu dan Dayak yang dinamis dan menarik, dengan properti kipas yang melambangkan air, sungai, dan ikan siluk atau arwana, ikon Kalimantan Barat,” jelas Windy.

Baca Juga :  Polri Ungkap Kronologi Polisi Tembak Polisi yang Menewaskan Ajudan Kadiv Propam

Setelah menyaksikan tarian yang akan dipentaskan di Istana Negara, Windy mengungkapkan kebanggaannya terhadap penampilan para penari.

“Tarian yang ditampilkan sangat bagus sekali. Saya berpesan agar kalian membawa nama Kalimantan Barat dengan baik di Jakarta. Ingat, kalian mewakili Kalimantan Barat, bukan atas nama pribadi atau sanggar,” tuturnya.

Windy juga menekankan pentingnya disiplin kepada para penari selama berada di Jakarta kurang lebih sembilan hari.

“Sembilan hari itu waktu yang sangat panjang. Tetaplah disiplin, dan gunakan kostum yang telah disiapkan dengan maksimal. Kita ingin penampilan kita mendapat komentar positif dan mengharumkan nama Kalimantan Barat,” harapnya.

Baca Juga :  Soal Inpres Nomor 7 Tahun 2022, Pemprov Kalbar Tunggu Juknis Pusat

Tari Rentak Kapuas sendiri diciptakan khusus untuk mewakili Kalimantan Barat dan dibina langsung oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat.

“Ini adalah awal dari semua. Bukan tidak mungkin setelah tampil, ada duta besar yang ingin mengundang kalian. Jadi, tampilkan yang terbaik walaupun kesempurnaan hanya milik Allah, tapi kita wajib berusaha,” tambah Windy.

Dengan persiapan yang matang dan semangat yang tinggi, para penari kolosal Kalimantan Barat pu. siap memukau Istana Negara dan seluruh rakyat Indonesia pada peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini. (Jau)

Comment