Heryandi Hadiri Fashion Show Lomba Kebaya Nasional Dalam Rangka HKG PKK ke-52 Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang – Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Ketapang, Heryandi menghadiri Fashion Show dan Lomba Kebaya Nasional dalam rangka HKG PKK ke-52 tahun 2024, di Balai Sungai Kedang, Ketapang, Jumat (09/08/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung Ketua TP PKK Kabupaten Ketapang, Elisabeth Betty Martin itu mengangkat tema, “Dengan Memakai Kebaya Nasional Mari Kita Tingkatkan Rasa Nasionalisme Dengan Tetap Mencintai Warisan Budaya Indonesia”.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Ketua TP PKK Ketapang berharap, melalui lomba ini kader PKK akan lebih memahami perkembangan dunia fashion lokal, khususnya pakaian wanita yang hadir memberikan alternatif baru dalam penampilan.

“Melalui lomba ini juga akan diperoleh motif-motif unggulan untuk desain produksi yang lebih baik dan menarik dan lebih berdaya saing terhadap kain-kain yang ada di berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya.

Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, lanjutnya, secara terus menerus melakukan upaya pembinaan, peningkatan kemampuan kader melalui  program-program pelatihan, penyuluhan dan peningkatan kapasitas kader.

“Melalui lomba busana kebaya ini dapat melestarikan kebaya sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang sarat makna. Kebaya mempunyai filosofi bentuknya menyesuaikan bentuk tubuh wanita, melambangkan wanita yang bisa menyesuaikan diri dalam berbagai suasana keadaan dan budaya secara lemah lembut dan luwes. Perempuan berkebaya terlihat anggun dan memancarkan kewanitaannya,” paparnya.

Baca Juga :  Heryandi Buka Seminar Kesehatan LPPKM-BKPRMI Kabupaten Ketapang

Elisabeth menjelaskan, bahwa rangkaian kegiatan lomba dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke- 52 tahun 2024 akan dilaksanakan selama 3 hari, dan acara puncak kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus.

Sementara itu, Ketua Panitia HKG ke-52, Nurhayati yang juga Wakil Sekretaris PKK Ketapang menjelaskan, jenis perlombaan dan kegiatan yang diadakan TP PKK Ketapang dalam peringatan HKG ke-51 tingkat Kabupaten Ketapang, diantaranya:

  1. Lomba paduan suara diikuti 12 Kecamatan.
  2. Lomba cerdas cermat PKK diikuti 20 Kecamatan.
  3. Lomba busana kebaya nasional modern diikuti 14 Kecamatan.
  4. Lomba busana batik casual kreasi bagi remaja putra dan putri Kabupaten Ketapang diikuti 41 orang.
  5. Senam sehat diikuti pengurus TP PKK 20 Kecamatan.
  6. Anjangsana kepada masyarakat yang tidak mampu.
  7. gelar produk UP2K yang diikuti 20 kecamatan.
  8. Puncak peringatan hari Kesatuan Gerak PKK dilaksanakan di Emeral Hotel Borneo Ketapang pada tanggal 12 Agustus 2024.
Baca Juga :  Heryandi Hadiri Pelantikan Dewan Hakim FASI ke-XII Tingkat Kabupaten Ketapang

“Kegiatan lomba yang kami laksanakan ini bertujuan menjalin silaturahmi dengan seluruh pengurus kader PKK Kecamatan maupun Desa. Kegiatan lomba juga dapat memberikan motivasi kepada pengurus PKK untuk lebih mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kelompok kerja masing-masing,” pungkasnya.

Adapun pemenang dalam lomba Fashion Show Lomba Kebaya Nasional dalam rangka HKG PKK ke-52 tahun 2024 yaitu: juara 1 Nursinawati dari PKK Kecamatan Singkup, juara 2 Maris Fransiska Isaturada dari PKK Kecamatan Tumbang Titi, juara 3 Feronika Pati dari PKK Kecamatan Jelai Hulu.

Adapun yang menjadi juara harapan I, Wiwid Widayanti dari PKK Kecamatan Muara Pawan, harapan II Maria Primasari dari PKK Kecamatan Tumbang Titi, harapan III Nur Halizah dari PKK Kecamatan MHS, dan custom terbaik Silviani dari PKK Kecamatan MHS. (Adi LC)

Comment