Sekda Pontianak Harap JSTM Bawa Misi Persahabatan Antar Negara

KalbarOnline, Pontianak – Big Max Indonesia (BMI), sebuah komunitas motor Yamaha Xmax, menggelar touring lintas negara bertajuk Jelajah Serumpun Turing Merdeka (JSTM) mulai 13 hingga 25 Agustus 2024. Para bikers akan menjelajahi tiga negara, mulai dari Pontianak (Indonesia) menuju Sarawak, Malaysia, Brunei Darussalam dan Sabah, Malaysia.

Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Amirullah menyambut antusias para anggota BMI dalam jamuan makan malam di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Pontianak, Selasa (13/08/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

BMI merupakan komunitas motor kendaraan roda dua yang memiliki chapter di berbagai daerah di Indonesia.

“Ini merupakan inisiatif yang luar biasa dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia sekaligus mempromosikan pariwisata nusantara ke negara tetangga,” ujarnya.

Amirullah mengungkapkan, bahwa touring ini diikuti lebih dari 60 biker dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta tidak hanya berasal dari Kalimantan Barat, tetapi juga dari berbagai provinsi di Indonesia. Keberagaman ini mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :  Kesaksian Penumpang saat Pesawat Air India Express Jatuh

Lewat JSTM ini, ia berharap, Indonesia semakin dikenal oleh negara lain dengan keanekaragaman budaya dan kekayaan pariwisatanya.

“Touring ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait pariwisata dan ekonomi kreatif, terutama program sustainable tourism atau wisata berkelanjutan,” ungkapnya.

Dia melihat, kegiatan JSTM ini sebagai peluang emas untuk memperkenalkan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia kepada negara tetangga. Selain itu, dengan berkunjung lintas negara ini memperluas kesempatan untuk menjalin persahabatan maupun kerja sama antar negara.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia di negara yang akan dikunjungi, tetapi juga membawa misi persahabatan dan kerja sama dengan negara tetangga,” terang Amirullah.

Menurutnya, JSTM salah satu bentuk diplomasi budaya yang efektif, di mana masyarakat dapat berperan aktif dalam mempererat hubungan antarnegara. Dalam kesempatan itu, Amirullah menyampaikan pesan kepada para peserta JSTM 2024 untuk senantiasa mengutamakan keselamatan selama di jalan.

“Selamat jalan kepada seluruh peserta JSTM, selamat menikmati keindahan alam di tiga negara. Tak lupa pesan saya untuk mengutamakan safety riding dan kita semua mendoakan agar perjalanan para peserta berjalan lancar,” tutup Amirullah.

Baca Juga :  Midji-Norsan akan Lakoni Tahapan Pilkada 2018 dengan Sehat

Sementara itu, Presiden BMI, Temmie Yefrian menerangkan, peserta JSTM tahun ini akan menempuh rute kurang lebih total 3.500 kilometer.

“Kami akan memulai perjalanan dari Pontianak, kemudian menyeberang ke Sarawak, Malaysia. Dari sana, kami akan melanjutkan perjalanan ke Brunei Darussalam, kemudian lanjut ke Sabah Malaysia,” paparnya.

Melalui JSTM 2024 ini, Temmie berharap dapat menjadi contoh bagaimana komunitas motor dapat berkontribusi positif terhadap promosi pariwisata dan penguatan hubungan antarnegara.

“Dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah, kami berharap kegiatan ini menjadi salah satu highlight dalam kalender pariwisata Kalimantan Barat tahun 2024,” pungkasnya. (Jau)

Comment