Bupati Ketapang Jadi Irup Peringatan HUT RI ke-79

KalbarOnline, Ketapang – Bupati Ketapang, Martin Rantan menjadi inspektur upacara (irup) penaikan bendera merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, pada Sabtu (17/08/2024), di halaman Kantor Bupati Ketapang.

Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Ketapang, Farhan, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, Kapolres Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, Danlanal, Kajari Ketapang serta unsur forkopimda lainnya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Selain itu, hadir juga Staf Ahli Bupati Ketapang, para asisten, para kepala OPD, Ketua PKK Ketapang, Elisabeth Betty Martin, Wakil PKK Ketapang, Ervani Masitha Farhan, instansi vertikal, organisasi kemasyarakatan dan lainnya.

Adapun komandan upacara, dari Kodim 1203 Ketapang, pembawa baki yakni Diva Silviana Putri, pelajar SMA Negeri 1 Sungai Melayu Rayak. Untuk pengibaran bendera, Ichsan Ramadhan Fitriansyah, pelajar SMA Negeri 3 Ketapang, pembentang bendera Michael Adam Satriawan, pelajar SMA Negeri 1 Manis Mata), penarik bendera Rafa Aditya Akbar, yakni pelajar SMA Negeri 1 Ketapang.

Untuk pendamping, yakni Andres Julio, siswa SMA PL Santo Yohanes Ketapang, Edi Yansah asal SMKN 2 Ketapang dan Raffi Ahmad Risnaka dari SMAN 1 Ketapang. Sementara cadangan pembawa baki, yakni Anatasiaalpel, siswa SMA PI Santo Yohanes Ketapang, Danto 17, 1. Steven Yabes Rayan dari SMA Negeri 1 Sandai, 2. M. Rafly Anugrah asal MAN 1 Ketapang.

Baca Juga :  Absalon Hadiri Pelantikan Ketua PKK Kecamatan dan Ketua Pembina Posyandu Kecamatan

Sebelum membacakan teks pancasila, irup memimpin mengheningkan cipta yang diikuti seluruh peserta upacara.

Adapun pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 kala itu, dilakukan oleh Sekretaris DPRD Ketapang, dan untuk pembacaan doa dilakukan oleh perwakilan kementerian agama diikuti masing-masing agama di Kabupaten Ketapang. Upacara peringatan ini berlangsung penuh khidmat hingga selesai.

Selanjutnya, pada acara tambahan, Bupati Ketapang juga menyerahkan secara simbolis penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai penghargaan atas dedikasi pelaksanaan tugasnya yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan serta telah bekerja terus menerus sekurang-kurangnya 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun masa kerja.

Adapun PNS yang menerima penghargaan itu, diantaranya:

  1. Nugroho Widyo Sistanto (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Kabupaten Ketapang), dengan penghargaan yang diberikan masa kerja 30 tahun.
  1. MF Yuliansyah (Sekretaris Dinas Perhubungan Ketapang), dengan penghargaan yang diberikan masa kerja 20 tahun.
  1. Ita Masitah (Staf Puskesmas Kedondong), dengan penghargaan yang diberikan masa kerja 10 tahun.

Selain itu, terdapat pula penghargaan Manggala Karya Kencana yang disematkan kepada Bupati Ketapang dan Ketua TP PKK Ketapang, atas prestasi dan komitmen serta peran aktif dalam percepatan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana serta penurunan stunting untuk mewujudkan keluarga berkualitas menuju Indonesia emas. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar.

Baca Juga :  DAFTAR CALON TETAP ANGGOTA DPRD KETAPANG PEMILU 2019

Penghargaan juga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang,  sebagai pemerintah daerah dengan kategori pratama dalam pencapaian Universal Health Coverage. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Kesehatan RI kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang sebagai kabupaten yang bebas frambusia.

Selain itu, Bupati Ketapang dalam kesempatan tersebut juga menerima penyematan pin dan piagam penghargaan atas komitmen dan kerja keras dalam mendorong percepatan pembangunan desa, sehingga seluruh desa di Kabupaten Ketapang kini mencapai status mandiri maju dan berkembang.

Selanjutnya, juga diserahkan sertifikat kepada 12 puskesmas paripurna dan 7 puskesmas utama, untuk PKM rawat jalan. Kemudian diserahkan pula akreditasi puskesmas kategori paripurna, puskesmas rawat inap, predikat utama, penyerahan penghargaan lomba desa tingkat Kabupaten Ketapang dan penyerahan santunan secara simbolis klaim JKM-BPJS. (Adi LC)

Comment