Disporapar Kalbar Tambah Cabor Panjat Tebing di PPLP

KalbarOnline, Pontianak – Kemenangan atlet panjat tebing Veddriq Leonardo mendorong Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat untuk menambah cabang olahraga (cabor) panjat tebing di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kalbar. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kadisporapar Provinsi Kalbar,  Windy Prihastari, pada Senin (19/08/2024).

“Kami bersama KONI dan FPTI saling berkoordinasi dalam pengembangan panjat tebing. Dengan adanya koordinasi tersebut, kami menambah satu cabor panjat tebing di PPLP, yang merupakan sekolah atlet pelajar di bawah binaan disporapar dan kemenpora,” ujar Windy.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

PPLP sendiri merupakan wadah untuk pembinaan dan pelatihan atlet berbakat yang potensial dikembangkan menjadi atlet berprestasi. Di Kalbar, banyak atlet pelajar binaan PPLP yang telah meraih prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk Veddriq Leonardo.

Baca Juga :  Kembangkan Potensi Desa Kreatif dan Wisata Temajuk, Disporapar Kalbar Gelar Pelatihan Pembuatan Souvenir Bahari

Windy berharap, dengan penambahan cabor panjat tebing di PPLP Kalbar, akan muncul atlet pelajar panjat tebing berprestasi seperti Veddriq. “Kami berharap dari kalangan pelajar akan muncul Veddriq-Veddriq lainnya,” harapnya.

Saat ditanya mengenai rencana pembinaan pemprov untuk panjat tebing, Windy menjelaskan, bahwa pihaknya melakukan pembinaan atlet bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar. Dukungan utama berupa sarana dan prasarana akan diberikan secara bertahap.

Baca Juga :  Lepas Kafilah MTQ Menuju Ketapang, Mulyadi Minta Peserta Jaga Kesehatan

“Kami terus melakukan dukungan bersama mitra olahraga. Khususnya untuk sarana dan prasarana, kami sudah melihat bahwa fasilitas yang ada sudah sangat baik. Namun, pembenahan dilakukan secara bertahap terkait dengan anggaran. Termasuk venue panjat tebing, pada tahun 2023 kami telah memberikan bantuan sarana dan prasarana melalui FPTI Kalbar,” pungkasnya. (Lid)

Comment