Perkuat Peran Pramuka, Bangun Karakter Berlandaskan Pancasila

KalbarOnline, Pontianak – Di Hari Pramuka ke-63 yang mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Pontianak, Ani Sofian mengajak seluruh anggota pramuka di Kota Pontianak untuk merefleksikan kembali makna Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

“Mari kita jadikan momentum Hari Pramuka ke-63 ini sebagai langkah baru untuk memperkuat peran pramuka dalam membangun karakter bangsa yang berlandaskan Pancasila,” ujarnya usai menghadiri upacara Hari Pramuka ke-63 di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Minggu (18/08/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Ani Sofian juga mengingatkan, bahwa sebagai organisasi kepemudaan terbesar di Indonesia, pramuka memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keutuhan NKRI. Kegiatan-kegiatan pramuka mengandung makna dalam menanamkan rasa cinta tanah air.

Baca Juga :  Peserta Pesantren Literasi Duta Gemari Baca Batch 4 Ajak Masyarakat Mengenal Literasi

“Melalui berbagai kegiatan kepramukaan, kita harus terus memupuk rasa cinta tanah air dan semangat persatuan di kalangan generasi muda,” jelasnya.

Ia menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatan kepramukaan. Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam mengamalkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

Baca Juga :  BI Sebut Dua Komoditas Ini Sebagai Penyumbang Inflasi Dari Tahun ke Tahun

“Kita harus terus memupuk rasa cinta tanah air dan semangat persatuan di kalangan generasi muda,” tutup Ani Sofian yang juga selaku Pj Wali Kota Pontianak. (Jau)

Comment