Wakili Dekranasda Kapuas Hulu, Maspuati Raih Juara 3 Tingkat Nasional Kompetisi Asta Kriya Nusantara

KalbarOnline, Jakarta – Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mengadakan Kompetisi Asta Kriya Nusantara Tahun 2024. Kegiatan ini memperlombakan kategori kerajinan hantaran dan diikuti oleh dekranasda se-Indonesia, Selasa (20/08/2024).

Dalam lomba tersebut, seorang pengrajin keban bronai yang menjadi wakil Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Maspuati, berhasil meraih juara 3.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Penghargaan juara ketiga Asta Kriya Nusantara dari Kementerian Perindustrian itu diserahkan di Jakarta, pada Selasa (20/08/2024). Maspuati didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu,  Angeline Fremalco F Diaan bersama pengurus Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu lainnya.

Angeline mengucapkan selamat kepada Maspuati atas prestasi yang telah didapat. Hal ini akan diharapkan menjadi motivasi dan penyemangat Maspuati untuk terus berkarya dan juga menjadi contoh bagi pengrajin lain yang ada di Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Dekranasda Kapuas Hulu Konsen Bina Pengrajin Tingkatkan Mutu dan Kualitas

“Kerajinan di Kapuas Hulu tidak kalah saing dengan kerajinan daerah lain maka kita harus terus kembangkan itu,” ujar perempuan yang juga Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat ini.

Angeline menegaskan, bahwa Dekranasda Kapuas Hulu akan terus melakukan pendampingan kepada para pengrajin daerah yang komitmen untuk berkembang dan bisa bekerjasama dengan dekranasda. Seperti yang telah dilakukan oleh Maspuati, pengrajin keban bronai asal Desa Temuyuk, Kecamatan Bunut Hulu.

Baca Juga :  Dua Karya Kerajinan Kapuas Hulu Raih Penghargaan Nasional dari Ketum Dekranas Wury Ma'ruf Amin

“Ibu Maspuati ini bisa bekerja sama dengan baik dengan dekranasda, saran masukan dan arahan untuk inovasi produk beliau mau melakukannya,” tutur Angeline.

Tak luput, Angeline juga mengucapkan apresiasinya kepada kementerian perindustrian karena telah memberi wadah untuk pengrajin di daerah pelosok negeri untuk tampil hingga ke tingkat nasional.

“Saya berharap Kapuas Hulu bisa kembali mengukir prestasi di kompetisi ini dengan kerajinan yang lain,” tuturnya. (Haq)

Comment