Giliran Wastra Kalbar Tampil di Galeri Nusantara Kemendagri

KalbarOnline, Pontianak – Upaya maksimal Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dalam memperkenalkan wastra-wastra khas daerah perlahan menunjukkan hasil.

Di bawah kepemimpinan Windy Prihastari promosi wastra dan kerajinan khas memang menjadi perhatian serius Dekranasda Kalbar.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Wastra Kalbar bahkan dipilih Presiden Joko Widodo untuk dikenakan dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10. Kemudian wastra Kalbar juga dipilih Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan istrinya Wury Ma’ruf Amin dalam agenda kenegaraan Peringatan HUT RI ke 79 lalu.

Terbaru, wastra dan berbagai kerajinan khas Kalbar dipilih untuk mengisi Galeri Nusantara Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan bagi Kalbar dan dimanfaatkan untuk mempromosikan wastra dan kerajinan ke seantero Indonesia.

Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kalbar, Windy Prihastari bahkan sampai turun langsung memastikan wastra dan kerajinan khas Kalbar tampil dengan maksimal di Galeri Nusantara Kemendagri. Dirinya pun memasangkan sejumlah pakaian adat dan wastra ke manekin yang digunakan untuk menampilkan keunikan wastra khas Kalbar.

Baca Juga :  Parade Fashion Wastra Nusantara Jadi Momen Berharga di Silatnas STPDN 2024

“Kita (Kalbar) salah satu provinsi yang diminta untuk mengisi Galeri Nusantara Kemendagri, kita manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan wastra dan kerajinan khas Kalbar,” ungkap Windy pada Minggu (25/08/2024).

Dirinya menambahkan, kesempatan yang diberikan kepada Kalbar untuk menampilkan wastra dan kerajinan di Galeri Nusantara Kemendagri harus dimaksimalkan. Lantaran menurutnya Kemendagri sering didatangi oleh tamu hingga kepala daerah dari seluruh Indonesia untuk berkegiatan.

Sehingga Windy menilai, tampil di Galeri Nusantara Kemendagri menjadi sangat strategis untuk mengenalkan wastra dan kerajinan khas Kalbar. Dirinya menyebut, sejumlah wastra, kerajinan hingga pakaian adat diboyong langsung dari Kalbar untuk ditampilkan di Galeri Nusantara Kemendagri.

“Di Kemendagri itu seluruh bupati wali kota dan gubernur akan datang ke sana itu yang diharapkan Bapak Mendagri mereka akan melihat dan tertarik datang ke Kalbar,” ungkap Windy.

Baca Juga :  Gubernur Apresiasi Langkah Yayasan Field Indonesia Terapkan Pertanian Ramah Lingkungan

Windy memastikan, Dekranasda Kalbar berkomitmen terus memberikan dukungan untuk pengembangan produk wastra dan kerajinan. Upaya-upaya promosi pun digencarkan Dekranasda Kalbar agar produk wastra dan kerajinan khas provinsi ini semakin dikenal secara luas baik ditingkat nasional hingga internasional.

“Kita akan terus memaksimalkan upaya promosi agar wastra-wastra kita (Kalbar) semakin dikenal baik nasional maupun internasional,” katanya.

Windy mengajak ketua dan Pj Ketua Dekranasda kabupaten kota se-Kalbar untuk semakin meningkatkan kerja sama baik dengan dekranasda provinsi dan mitra penting di tingkat lokal hingga nasional dalam pengembangan di bidang masing-masing.

“Saya yakin dengan bersama, kerajinan dan ekonomi Kalbar akan tumbuh berdaya saing. Saya juga berharap dampingan dan bimbingan Dekranas Pusat dan sinergi di tingkat kabupaten kota serta stakeholder terkait di Kalbar,” pungkasnya. (Jau)

Comment