Parade Fashion Wastra Nusantara Jadi Momen Berharga di Silatnas STPDN 2024

KalbarOnline, Pontianak – Parade Fashion Wastra Nusantara menjadi salah satu event yang digelar selama Silaturahmi Nasional (Silatnas) Purna Praja Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) angkatan 09 tahun 2001 berlangsung, pada 26 – 28 Juli 2024, di Provinsi Kalbar.

Parade Fashion Wastra Nusantara tersebut diadakan saat malam gala dinner di Pendopo Gubernur Kalbar, di mana seluruh peserta yang berjumlah 100 orang hadir mengenakan wastra khas dari daerah masing-masing.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Selain itu, Purna Praja STPDN Angkatan 09 yang hadir, juga saling bertukar wastra khas daerah masing-masing.

“Lewat momen ini, kami saling bertukar wastra khas daerah masing-masing, yang akan dipajang sebagai koleksi Wastra Nusantara di Dekranasda Kalbar,” ungkap Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Kunker ke Kapuas Hulu

Selain itu, ia mengatakan, juga disiapkan hampers bagi para peserta yang berisi produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) khas Kalbar. Salah satunya ada wastra khas Kalbar yang dikombinasikan menjadi tas.

Windy yang juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar itu menyebutkan, acara silatnas tersebut memang sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan budaya, pariwisata dan ekraf khas Kalbar.

Ia menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut pun diadakan dalam rangka melestarikan warisan budaya berupa wastra dari berbagai daerah, termasuk Kalbar.

Untuk sisi pariwisata, panitia daerah juga mengadakan famtrip, dengan membawa para peserta menikmati berbagai destinasi wisata Kalbar, khususnya di Kota Pontianak.

“Salah satunya mengajak para peserta merasakan sensasi bermain meriam karbit, mengunjungi Tugu Khatulistiwa, menyusuri Sungai Kapuas, serta berkunjung ke Rumah Radakng dan Rumah Melayu. Budaya dayak, melayu, dan tionghoa ditampilkan selama rangkaian kegiatan,” katanya.

Baca Juga :  Upaya Cegah Radikalisme, BNPT RI Pecahkan Rekor Muri di Gelaran Parade Budaya Nusantara

Windy mengharapkan, dengan berbagai kegiatan dan kerja sama dari berbagai pihak, Silatnas Purna Praja STPDN angkatan 09 tahun 2001 di Kalbar, dapat menjadi momen berharga untuk promosi dan peningkatan citra Kalbar di kancah nasional.

“Para peserta juga diajak berbelanja di pusat oleh-oleh, dan belanja wastra di Dekranasda Kalbar,” tambahnya. (Jau)

Comment