Windy Promosikan Produk Dekranasda ke Wisatawan Alumni Unsri Palembang

KalbarOnline, PontianakBertempat di Gedung Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar, Windy Prihastari Harisson menyambut kedatangan wisatawan asal Palembang yang merupakan Alumni Universitas Sriwijaya (Unsri) Fakultas Kedokteran, Jumat (30/08/2024).

Setibanya di Gedung Dekranasda, rombongan wisatawan asal Palembang disambut hangat oleh Pj Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar. Mereka kemudian disuguhkan kudapan khas Pontianak yakni ce hun tiau dan kue khas tradisional yakni chai kue, batang burok dan doko-doko.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Dalam sambutannya, Windy Prihastrai mengucapkan selamat datang kepada para wisatawan di Kota Pontianak Kalimantan Barat.

“Terima kasih sudah berkenan mampir di Dekranasda Kalimantan Barat, tentunya saya sangat bahagia dan sangat senang sekali telah berkenan singgah di dekranasda sambil kita mencicipi kuliner khas dari Kalimantan Barat, tadi saya sudah jelaskan sedikit ada ce hun tiau, chai kue, batang burok dan doko-doko semoga Ayuk dan kakak berkenan dan senang merasakan sehingga ingin memesannya,” ucap Windy.

Baca Juga :  Harisson Pastikan Kesejahteraan Para Guru di Kalbar Terpenuhi

Kemudian, usai menyantap hidangan tersebut, rombongan wisatawan diajak untuk melihat produk-produk koleksi dari Dekranas Provinsi Kalimantan Barat. Disampaikannya bahwa dekranasda ini adalah tempat mengumpulkan seluruh kerajinan khas Kalimantan Barat, termasuk wastra dari 14 kabupaten/kota.

“Wastra Kalimantan Barat ini unik dibandingkan dengan daerah yang lain, karena masing-masing daerah memiliki motif yang berbeda. Sebagai contoh Bapak Presiden RI, Joko Widodo pada waktu kegiatan world water forum 2024 di Bali menggunakan wastra khas Kalimantan Barat yaitu tenun ikat yang berasal dari Kabupaten Sintang,” katanya.

“Kemudian yang mungkin ada kemiripan dengan Palembang adalah songket, yakni songket Sambas yang ada kemiripan sedikit dengan songket Palembang, tapi nanti kita lihat tenun-tenun dengan warna alami dari Kabupaten Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi,” jelas Windy.

Baca Juga :  Harisson Minta SMAN dan SMKN Transparan dalam Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru

Windy berharap, wisatawan asal Palembang dapat tertarik dengan produk Dekranasda Kalbar sehingga banyak membeli untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

“Saya berharap banyak belanja disini, sehingga secara tidak langsung memberikan dampak positif serta turut mempromosikan produk khas kalbar ketika digunakan nanti di kampung halaman,” pungkasnya.

Selain wisatawan dari Palembg, Windy juga turut menyambut kedatangan wisatawan asal negara tetangga yakni Malaysia yang berkunjung di Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat. (Jau)

Comment