Disporapar Kalbar Kucurkan Rp300 Juta untuk Dukung Tiga Event Budaya Masuk Kalender Event Nusantara

KalbarOnline.com – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar) berkomitmen untuk terus mendukung event-event unggulan di berbagai kabupaten/kota. Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk kucuran bantuan anggaran, terutama untuk event yang berpotensi masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Salah satu event budaya yang mendapatkan perhatian khusus adalah Festival Robo-Robo di Kabupaten Mempawah. Festival yang kental dengan tradisi ini berpotensi besar untuk masuk ke dalam KEN. Disporapar Kalbar telah mengalokasikan bantuan sebesar Rp100 juta untuk mendukung suksesnya acara tersebut.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari Harisson, menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis saat membuka Festival Robo-Robo pada Rabu (4/9/2024). Tidak hanya itu, Windy juga turut berlayar bersama Raja XIII Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim, dalam prosesi ritual buang-buang di muara Sungai Mempawah.

Baca Juga :  Sosok Sy Muhammad Shaleh Dimata Rahmad Satria

“Festival budaya Robo-Robo adalah salah satu event unggulan Kalbar yang masuk dalam Calender of Event (CoE) Kalbar. Setiap tahun, kami selalu mendukung pelaksanaannya dengan memberikan bantuan,” ungkap Windy.

Windy juga berharap agar Festival Robo-Robo dapat terus berkembang dan masuk dalam KEN di masa mendatang. “Dengan konsistensi penyelenggaraan dan dukungan penuh dari pemerintah, kami optimis event ini akan masuk dalam Kharisma Event Nusantara,” tambahnya.

Selain Festival Robo-Robo, Disporapar Kalbar juga mengalokasikan masing-masing Rp100 juta untuk mendukung Festival Kulminasi di Kota Pontianak dan Kelam Tourism Festival (KTF) di Kabupaten Sintang. Windy menekankan pentingnya event lokal masuk dalam KEN karena akan mendapatkan promosi langsung dari Kemenparekraf, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Disporapar Kalbar Mulai Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi

“Kami akan terus mendorong event-event unggulan di Kalbar agar masuk ke Kalender Event Nasional. Dampaknya tentu akan sangat positif, terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujar Windy.

Menurut data BPS, kunjungan wisatawan nusantara ke Kalbar hingga Juli 2024 mencapai 4.714.069 wisatawan, meningkat signifikan sebesar 77,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Dengan semakin banyaknya event berkualitas, kami optimis angka kunjungan wisatawan akan terus meningkat, membawa dampak positif bagi perekonomian daerah,” tutupnya. (Jau)

Comment