Korem 121/ABW dan Kodim Putussibau Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana Alam Banjir

KalbarOnline, Putussibau – Korem 121/Abw menggelar latihan atau simulasi lapangan terkait penanggulangan bencana alam banjir di Markas Kodim 1206/Putusibau yang berlokasi di Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (04/09/2024).

Kegiatan yang dibuka oleh Kasiops Kasrem 121/Abw, Letkol Inf Jumadal ini bertujuan guna mengantisipasi lonjakan korban warga sekitar yang lebih besar.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Selain TNI, kegiatan ini diikuti oleh unsur Polri, pemda, basarnas yang tergabung dalam PRC PB (Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana). Simulasi yang dilakukan yakni terkait bagimana melakukan integrasi dan berkolaborasi, pengerahan kekuatan skala besar di wilayah yang terdampak, baik personel, materiil maupun sarana dan prasarana terkait dengan kebencanaan alam.

Baca Juga :  Jalan Amin Putussibau Mendesak Dilakukan Pelebaran

Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Luqman Arief dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasiops Kasrem 121/Abw, Letkol Inf Jumadal Aulia mengatakan, bahwa latihan ini mempunyai tujuan untuk melatih ketanggapsegeraan dan kesiapsiagaan satuan dan unsur-unsur terkait dalam rangka membantu penanganan bencana alam di wilayah.

“Sehingga dilakukan sejumlah simulasi, yang menggambarkan kondisi jika terjadi bencana alam khususnya bencana banjir,” terangnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan segenap satuan dan unsur yang tergabung dalam latihan, dapat dan mampu bekerja sama serta bersinergi dalam menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi di wilayah.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Kunker ke Hulu Gurung, Buka Layanan Kesehatan Gratis Untuk Masyarakat

“Sehingga kita akan selalu siap setiap saat untuk melaksanakan operasi jika terjadi bencana alam di wilayah,” ucapnya.

Setelah pelaksanaan gelar pasukan, seluruh peserta latihan melaksanakan simulasi latihan di Kelurahan Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara, yang dianggapkan sebagai wilayah yang terdampak bencana alam banjir.

Dengan penuh semangat dan antusias, seluruh peserta latihan serta masyarakat yang terlibat betul-betul menghayati peran masing-masing. (Haq)

Comment