RSUD SSMA Berbagi Tips Hidup Sehat

KalbarOnline, Pontianak – Semua orang pasti ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Menjaga kesehatan pun nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Sarjana Kesehatan Masyarakat, Natalia Mastika mengungkapkan, pola hidup seseorang umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya menerapkan pola hidup sehat, baik secara fisik dan mental.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Padahal pola hidup sehat penting untuk diterapkan guna mencegah terjadinya beragam penyakit. Hal tersebut disampaikannya ketika memberikan informasi kepada 30 pasien dan pengunjung RSUD SSMA Kota Pontianak, Selasa (17/09/2024).

Baca Juga :  Tim Visitasi Nilai Baik Pelayanan KIA RSUD SSMA Pontianak

“Gerakan masyarakat hidup sehat (germas) merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat,” jelas Natalia.

Germas bertujuan untuk menurunkan prevalensi penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi dan penyakit jantung dengan cara mempromosikan gaya hidup yang lebih sehat dan proaktif.

Menurut Natalia, menjalani pola hidup sehat memang tidak mudah, hal yang paling sulit adalah mempertahankan kebiasaan hidup sehat. Diperlukan komitmen yang kuat untuk menjalaninya.

Beberapa tips yang dapat diterapkan untuk hidup yang lebih sehat seperti melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, menjaga kebersihan lingkungan dan kelola stres.

Baca Juga :  Hadapi PK Moeldoko, Tan Lie Pimpin Kawan-kawan DPC Demokrat Pontianak Minta Perlindungan Hukum ke PN

“Dengan menerapkan tips diatas secara konsisten, akan meningkatkan  kualitas hidup, resiko penyakit tidak menular berkurang, menjaga kebugaran tubuh, dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal,” tutup Natali. (Jau)

Comment