Hantaru 2024, ATR/BPN Kalbar Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan kepada Masyarakat

KalbarOnline, Pontianak – Memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2024, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) ATR/BPN Provinsi Kalimantan Barat, Andi Tenri Abeng menegaskan akan berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Andri mengatakan, Kanwil BPN Kalimantan Barat menunjukkan komitmennya dengan sejumlah inovasi dan program yang telah diimplementasikan untuk mempermudah akses, transparansi, dan efisiensi layanan pertanahan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Diantaranya adalah dengan mempermudah proses mengeluarkan sertifikat tanah elektronik. Juga menghadirkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat dalam urusan pertanahan yakni “Sentuh Tanahku”.

“Kantor BPN se-Kalbar juga sudah sudah memulai layanan elektronik untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan dari BPN,” ungkap Andi Tenri di Pontianak pada Selasa (24/09/2024).

Baca Juga :  Bersama Instagramers, Wali Kota Buat Konten di Waterfront Baru

“Kami berharap dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan pertanahan yang lebih baik. Kepercayaan masyarakat menjadi modal utama bagi BPN Kalbar untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan di masa depan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Andri juga membeberkan kalau pihaknya menargetkan hingga akhir tahun 2024, mampu menyelesaikan 131 ribu sertifikat tanah dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Jumlah target tersebut tiga kali lipat dari target di tahun 2023.

“Sekarang target kita 131 ribu ditambah 21 ribu dari redistribusi tanah. Tahun lalu kita hanya 56 ribu sudah dengan redistribusi tanah. Walaupun 3 kali lipat kita sudah bertekad menyelesaikannya sebelum akhir tahun anggaran,” katanya.

Baca Juga :  Kalapas Pangkalan Bun Sebut Ruslan Memang Kerap Buat Ulah

Untuk capaian PTSL sendiri saat ini menurut Andi sudah sangat menggembirakan, yaitu untuk penerbitan Peta Bidang Tanah (PBT) sudah di atas 90 persen capaiannya. Sementara, Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) masih di level 50 – 60 persen.

“Mudah-mudahan di bulan ini sertipikat akan segera kita terbitkan,” tukasnya. (Lid)

Comment