Hotel Golden Tulip Pontianak Gelar “Batik Fashion Lunch”, Hadirkan Batik SaMer Khas Sanggau

KalbarOnline, Pontianak – Momen memperingati Hari Batik Nasional, Hotel Golden Tulip Pontianak menggelar acara “Batik Fashion Lunch” di Cinmoi Restaurant, Rabu (02/10/2024). Acara tersebut turut menampilkan batik khas Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat yakni batik sanggar merah atau lebih dikenal dengan sebutan batik samer.

Hotel Golden Tulip Pontianak menjadi hotel pertama yang mempromosikan kain batik cap SaMer dari Kabupaten Sanggau sebagai cenderamata khas daerah di Kalimantan barat dalam mendukung program instansi pemerintahan di bidang ekonomi kreatif masyarakat.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Sebuah kehormatan bagi kami untuk turut serta mempromosikan kain batik cap SaMer dari Kabupaten Sanggau ini, yang diketahui bahwa kain SaMer sudah diterbitkan tepatnya di Kabupaten Sanggau,” ungkap Bangkit Ciptadi selaku General Manager hotel Golden Tulip Pontianak.

Dengan adanya dukungan dari semua pihak yang terlibat yaitu loka kreasi UMKM dan Dekranasda Kabupaten Sanggau, Hotel Golden Tulip Pontianak berkesempatan untuk menjadi hotel pertama yang memperkenalkan batik cap SaMer ini.

Selain batik SaMer, dalam acara tersebut juga menampilkan juga beberapa kain khas Kalimantan Barat, diantaranya kain tenun Sintang hingga Corak Insang.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Apresiasi Kontribusi Nyata Gapki Bantu Renovasi Gedung Pusat Pelatihan

Kain-kain tersebut tidak hanya dipamerkan setiap sudut hotel, tetapi juga ditampilkan dalam peragaan busana atau catwalk yang modelnya adalah karyawan Golden Tulip menggunakan busana batik yang didesain oleh Nina K dan Erwansah.

Kedua desainer ini merupakan desainer yang aktif dalam mempromosikan dan membuat kain khas Kalimantan Barat dengan background.

Lebih lanjut Bakti sampaikan, promosi batik atau kain khas Kalbar ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Dalam waktu dekat pihaknya akan membuat space khusus batik di lantai dasar.

“Ada, manti kota siapkan spot-nya di bawah. Tadi Bapak Bupati juga bilang, setiap ada produk batik yang baru akan hadir di Hotel Golden Tulip,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Sanggau, Suherman, Sekretaris Dekranasda Kabupaten Sanggau, Silvester Roy Wiranto, perwakilan instansi Bea Cukai, Beni, Pimpinan Cabang Askrindo, Dani, Head of West Region CSR dan ER PT Antam, Munadji dan perwakilan pemerintahan lainnya.

Pj Bupati Sanggau, Suherman mengaku senang dan berterima kasih kepada pihak hotel yang telah berkenan untuk mempromosikan batik SaMer yang dibuat dari pengrajin daerah Sanggau.

Baca Juga :  PKK Pontianak Gelar Rakor Bahas 10 Program Pokok PKK 2022

“Saya melihat ini luar biasa sekali perhatian dari Hotel Golden Tulip berkenaan dengan usaha kecil menengah yang ada di daerah. Tentunya dengan ada kegiatan seperti ini kita berharap bahwa produk daerah bisa berkembang lebih luas lagi,” ungkapnya.

Menurut Suherman, kegiatan yang diselenggarakan oleh Hotel Golden Tulip ini patut diapresiasi, sebab menurutnya, susah bagi pelaku usaha kecil menengah khususnya produk kraft untuk masuk ke hotel.

“Menurut saya luar biasa, karena susah sekali bagi kita pelaku usaha kecil menengah masuk ke hotel. Hari ini dengan tangan terbuka, manajemen melakukan hal tersebut. Bagi kami pemerintah daerah sangat berterima kasih, bersyukur, karena pelaku usaha kecil menengah bisa menampilkan karyanya di Hotel Golden Tulip,” tukasnya. (Lid)

Comment