Debat Pilgub Kalbar 2024 Disarankan Digelar di Kampus, Akademisi: Kampus Tempat Ideal Menguji Pemimpin!

KalbarOnline, Pontianak – Akademisi Universitas PGRI Pontianak, Muhammad Anwar Rube’i menyarankan agar debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Pilgub Kalbar) 2024 digelar di kampus. Menurutnya, kampus adalah ruang intelektual yang paling cocok untuk menguji kualitas calon pemimpin daerah.

KPU Kalbar telah menetapkan 23 Oktober 2024 sebagai tanggal debat, namun Anwar menekankan pentingnya melibatkan kampus dalam acara tersebut.

Baca Juga :  Milenial dan Gen Z Kalbar Bersatu dalam Deklarasi Young Generation #Lanjotagik

“Menurut saya, sangat penting dan sangat diperbolehkan jika KPU menyelenggarakan debat Pilgub di kampus,” ujar Anwar kepada wartawan, Selasa (08/10/2024).

Anwar menilai, bahwa kampus bukan hanya sebagai tempat belajar, tetapi juga sebagai wadah yang ideal untuk calon pemimpin menguji gagasan, visi, dan misi mereka di hadapan mahasiswa dan akademisi.

“Ini bisa menjadi sarana edukasi politik yang baik, sekaligus membuka ruang diskusi serta kritik konstruktif,” tegasnya.

Baca Juga :  Menteri Desa Dorong Provinsi se-Indonesia Tiru Konsep Penanganan Desa di Kalbar

Lebih lanjut, Anwar berharap KPU dapat mengakomodasi usulan ini. “Kampus adalah tempat paling netral untuk menguji ide, gagasan, serta program kerja calon kepala daerah,” tuturnya. (**)

Comment