Masuki Musim Kemarau, Tim Gabungan Kota Pontianak Rutin Pantau Titik Api

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan, termasuk membakar sampah. Hal tersebut mengingat cuaca panas yang mendominasi akhir-akhir ini.

“Kita juga berharap kepada pemerintah provinsi untuk mengingatkan daerah lain, yang memiliki hutan luas, agar tidak melakukan pembakaran terutama saat pembukaan lahan pertanian karena akan berdampak juga terhadap Kota Pontianak,” terangnya, Sabtu (20/07/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Pihaknya juga telah membentuk satuan tugas (satgas) khusus mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dapat berakibat kabut asap di wilayah Kota Pontianak. Ani Sofian menerangkan, satgas secara rutin patroli di wilayah berpotensi karhutla.

Baca Juga :  Polres Kapuas Hulu Ungkap 8 Kasus Kriminal Sepanjang Agustus 2023 

“Apabila ada kebakaran dan terindikasi disengaja, kami akan lakukan penindakan,” tegasnya.

Spanduk-spanduk imbauan yang mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar lahan juga dipasang di titik-titik yang mudah terlihat. Sehingga masyarakat membaca pesan yang disampaikan agar setop membakar lahan.

“Kita lebih mengutamakan pencegahan dengan membentuk tim patroli setiap hari dengan berkeliling di titik-titik rawan karhutla,” ujar Ani Sofian.

Saat ini, lanjutnya, memang sudah memasuki musim kemarau sebab dalam sepekan terakhir belum terjadi hujan. Efek el nino yang berdampak pada cuaca di Kota Pontianak berupa musim kemarau dan cuaca panas serta kekeringan. Oleh karenanya, kondisi ini perlu dilakukan antisipasi terutama bahaya kebakaran lahan.

Baca Juga :  Syarif Abdullah Harap Parpol Lain Turut Mendukung Duet Sutarmidji – Ria Norsan

“Oleh sebab itu kami dari Pemerintah Kota Pontianak dan unsur forkopimda bersama seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga jangan sampai terjadinya kebakaran lahan, apalagi di wilayah tanah gambut yang berisiko mudah meluasnya kebakaran lahan,” pungkas Ani Sofian. (Jau)

Comment