Sepak Terjang Hamzah Haz, Wapres ke-9 RI asal Ketapang yang Tutup Usia di Usia 84 Tahun

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz meninggal dunia pada hari ini, Rabu (24/07/2024) pukul 09.30 WIB di usia 84 tahun. Hamzah Haz merupakan Wakil Presiden RI yang mendampingi Presiden Megawati Soekarnoputri masa jabatan 2001 – 2004.

Rencananya, jenazah almarhum akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Hamzah Haz merupakan salah satu putra terbaik Kalimantan Barat (Kalbar). Hamzah lahir pada 15 Februari 1940 di Ketapang. Ia menempuh pendidikan SMP dan SMEA di Pontianak. Setelah lulus dia mengawali karier sebagai wartawan sebelum melanjutkan pendidikan di Akademi Koperasi Yogyakarta. Pada 1965, Hamzah kembali ke Pontianak dan kuliah di Universitas Tanjungpura, jurusan ekonomi perusahaan.

Baca Juga :  Sukses Tangani Penyakit Frambusia, Pontianak Dulang Penghargaan dari Menkes RI

Karier politik Hamzah dimulai pada tahun 1971 ketika dia menjadi Wakil Ketua Dewan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) atau DPW NU Kalimantan Barat. Pada tahun yang sama, dia terpilih sebagai wakil rakyat bagi NU.

Setelah fusi NU dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hamzah aktif di PPP sebagai Ketua Umum dan menjadi anggota DPR RI dari 1971 hingga 1999.

Hamzah Haz pernah menjabat sebagai Menteri Negara Investasi/Kepala BKPM pada 1998 dan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat pada 1999. Puncak karirnya adalah ketika ia terpilih sebagai wakil presiden pada periode 2001 – 2004.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Resmi Dikukuhkan Sebagai Ketua KDEKS Provinsi Kalbar

Di luar dunia politik, kehidupan pribadi Hamzah Haz dikenal sebagai sosok sederhana yang tinggal di Matraman, Jakarta Timur. Ia menikah dengan Asmaniah dan Titin Kartini, serta dikaruniai 12 anak. Kontribusinya yang besar dalam dunia politik dan pendidikan akan selalu dikenang oleh bangsa Indonesia. (Lid)

Comment