Pj Bupati Kubu Raya Targetkan Peningkatan Pendapatan Daerah Secara Signifikan

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, mengungkapkan komitmennya untuk terus mengoptimalkan pendapatan daerah guna memastikan keseimbangan antara komponen belanja dan pendapatan.

Dalam pernyataannya di Ruang Rapat DPRD Kubu Raya, Kamaruzaman menjelaskan soal strategi dan potensi yang akan dimanfaatkan untuk mencapai target tersebut.

“Berdasarkan hasil analisa proyeksi pendapatan, kami sangat optimis. Semua perencanaan kami tentu didasarkan pada standar pendapatan yang realistis, tidak mungkin merencanakan lebih dari yang bisa dicapai,” kata Kamaruzaman.

Kamaruzaman meyakini, bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kubu Raya akan terus meningkat secara signifikan berkat berbagai potensi yang ada. Ia pun menyoroti sektor perkebunan dan usaha jasa sebagai area yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan PAD.

Baca Juga :  Antisipasi Konflik Sosial, Bupati Muda : Pemkab Kubu Raya Telah Lakukan Terobosan

“Misalnya, sektor perkebunan dan berbagai usaha jasa di Kubu Raya. Semua komponen ini memiliki potensi untuk menjadi sumber pendapatan daerah. Kubu Raya memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan,” tuturnya.

Selain itu, Kamaruzaman juga mencatat potensi pendapatan dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Ia menjelaskan, bahwa kedua sektor ini diperkirakan akan terus mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan pembangunan di Kota Pontianak yang berdampak langsung pada Kabupaten Kubu Raya.

“Kubu Raya memiliki luas lahan dan potensi yang cocok untuk pengusaha di bidang properti. Karena Kubu Raya adalah hinterland (daerah pedalaman) dari kota Pontianak, aksesibilitas yang lebih dekat menjadikannya lokasi yang strategis. Dengan pertumbuhan kota yang semakin padat, Kubu Raya menjadi alternatif utama,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Terapkan SKKAAD, Cegah Penyalahgunaan Arsip

Kamaruzaman juga menambahkan, kalau potensi pendapatan daerah lainnya berasal dari mineral dan logam. Ia menegaskan, siklus pendapatan dari tambang ini dapat dihitung dengan pasti tanpa adanya kebocoran.

“Kami memastikan bahwa semua sumber pendapatan, termasuk dari tambang, dapat dihitung dengan akurat. Ini untuk memastikan tidak ada kebocoran dan semuanya berjalan sesuai dengan rencana,” pungkasnya.

Dengan berbagai potensi yang ada, Kamaruzaman berharap, pendapatan daerah Kubu Raya akan terus meningkat dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah. (Jau)

Comment