Tundukkan Thailand 1-0, Timnas U-19 Indonesia Juara Piala AFF 2024

KalbarOnline, Surabaya – Timnas Indonesia U-19 berhasil keluar sebagai juara Piala AFF 2024 setelah menundukkan Thailand 1-0 pada pertandingan final yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/07/2024).

Kemenangan tipis itu menunjukkan jika laga memang berjalan cukup alot namun seru. Di mana Indonesia mengambil inisiatif untuk mulai menyerang sejak awal laga. Timnas terus mempertajam serangan depan, sembari mendisiplinkan lini belakang.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Momen mendebarkan ketika Riski Afrisal merangsek dari sisi kiri dan merepotkan lini belakang Thailand, kendati umpan tariknya masih bisa dihalau.

Thailand berusaha mencuri kesempatan lewat Thanawut Phochai, namun bola lebih dekat ke Ikram Algiffari.

Tim Gajah Putih pum terus berusaha lepas dari cengkraman Indonesia untuk mulai bisa memegang kendali laga. Sayangnya, kondisi ini justru bisa dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan serangan balik cepat, saat Arlyansyah Abdulmanan mendapat bola dari Jens Ravens. Kendati tembakannya masih bisa diblok hingga mudah diamankan Kittipong Bunmak.

Thailand hampir saja membuka keunggulan di menit ke-14. Thanakrit Chotmuangpak menyodorkan bola ke Thanawut yang langsung melepas sepakan keras. Indonesia selamat dari kebobolan usai bola menerpa tiang.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji: Presiden Akan Resmikan Pelabuhan Kijing Dua Bulan Kedepan

Hingga akhirnya, Indonesia bisa mencetak gol di menit ke-18. Berawal dari umpan pojok Kafiatur Rizky yang disambar Kadek Arel. Bola kemudian bisa disontek oleh Jens Raven yang berdiri di depan gawang menjadi gol. Indonesia unggul 1-0.

Jens Raven mencoba lewat aksi individu di menit ke-28, namun tembakannya masih melambung. Beberapa menit kemudian, upaya gedor menggedor berlangsung.

Tiang gawang kembali menyelamatkan Indonesia dari kebobolan di menit ke-37. Tendangan bebas Piyawat Petra menyentuh tiang sebelah kanan.

Thailand mengurung lini pertahanan Indonesia menjelang jeda. Mereka memburu gol penyama kedudukan.

Thanawut punya kesempatan tapi sepakannya mengarah ke pelukan Ikram. Giliran Indonesia yang mengancam dari tendangan bebas Toni Firmansyah. Namun, tembakannya juga masih lemah.

Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga babak pertama tuntas.

Selepas jeda tempo permainan menurun. Serangan kedua kubu juga tak tertata dengan rapi hingga tak ada peluang berbahaya yang hadir.

Buntu, Paripan Wongsa mencoba lewat sepakan jarak jauh. Namun, tembakannya masih lemah hingga mudah diamankan Ikram.

Baca Juga :  Maskapai Taiwan Tawarkan Tiket Berlibur ke “Luar Negeri” Kala Pandemi

Bola mati Thailand hampir membawa petaka untuk Indonesia. Ikram masih sigap keluar dari sarang hingga sundulan Jirapol mengenai tinjuannya hingga melebar.

Thailand terus menggempur Indonesia di menit akhir. Thailand sempat punya kesempatan dari sepak pojok. Namun bola sundulan pemain Thailand malah melebar.

Gelar juara bagi Tim Garuda Muda ini merupakan gelar kedua untuk Indonesia di ajang Piala AFF U-19 setelah pada tahun 2013.

Susunan pemain

Indonesia: 1-Ikram Algiffari, 5-Alfharezzi Buffon, 4-Kadek Arel, 21-Iqbal Gwijangge; 17-Mufli Hidayat (Mufdi Iskandar 70′), 16-Dony Tri Pamungkas, 12-Welber Jardim (Figo Dennis 53′), 10-Kafiatur Rizky (Toni Firmansyah 35′), 11-Riski Afrisal (Meshaal Hamzah 70′); 20-Arlyansyah Abdulmanan, 9-Jens Raven (Arkhan Kaka 70′).

Thailand: 1-Kittipong Bunmak; 2-Pikanet Laohawiwat, 4-Jhetsaphat Khuantanom, 5-Singha Marasa, 7-Thanawut Phochai; 9-Caelan Tanadon Ryan (Paripan Wongsa 46′), 10-Thanakrit Chotmuangpak, 15-Piyawat Petra (Jirapol Sailio 70′), 13-Siradanai Phosri; 16-Pakawat Taengoakson, 22-Phongsakon Sangkasopha. (Jau/net)

Comment