Ketua TP PKK Kapuas Hulu Berikan Edukasi Pola Gizi Seimbang kepada Ibu di Badau

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Hulu, Angeline Fremalco F Diaan memberikan edukasi mengenai pola makan makanan bergizi seimbang kepada masyarakat, khususnya ibu hamil, ibu menyusui dan ibu yang mempunyai balita, di Kecamatan Badau baru-baru ini.

“Sebagaimana kita ketahui, balita stunting di Kabupaten Kapuas Hulu masih cukup tinggi yaitu sebesar 16, 7 persen tahun 2023 dari target nasional sebesar 14 persen. Hal inilah yang menggugah saya untuk mengajak masyarakat dan kita semua melakukan intervensi mulai dari 1000 hari pertama kehidupan atau sejak bayi dalam kandungan sampai berusia 2 tahun,” kata Angeline.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Untuk mencegah stunting, lanjutnya, masyarakat dapat menerapkan sejumlah langkah, diantaranya aktif minum tablet tambah darah (TTD), ibu hamil teratur periksa kehamilan minimal 6 kali, cukup konsumsi protein hewani, datang ke posyandu setiap bulan dan eksklusif ASI 6 bulan.

Baca Juga :  Tangkai Pangkak Gasing FSBM Kalbar XII di Sekadau, Kapuas Hulu Ungguli Bengkayang

“Upaya intervensi yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan gizi  pada ibu hamil, dan bayi yang telah dilahirkan melalui 3 pesan kunci dalam mencegah stunting, adalah sanitasi lingkungan yang bersih dan sehat, pola asuh dalam rumah tangga, pola makan (konsumsi gizi),” katanya.

Ia menyampaikan, edukasi tentang pola makan atau konsumsi gizi seimbang melalui pemberian makan tambahan pada bayi usia 6 – 24 bulan ini akan terus digalakkan oleh para kader PKK, demi memenuhi kebutuhan bahan makanan lokal dalam mencukupi kebutuhan gizi keluarga.

Baca Juga :  Sebagai Garda Terdepan, Pj Wali Kota Pontianak Minta Lurah Monitoring Stunting di Wilayahnya

“Jadikan posyandu sebagai tempat untuk meningkatkan pengetahuan, kemajuan dan kemampuan masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup sehat dalam mewujudkan Kapuas Hulu Hebat yang bebas stunting,” kata Angeline. (Haq)

Comment