Pemkot Salurkan Bantuan ke Korban Bencana, Disabilitas dan Panti Asuhan

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pontianak menyalurkan bantuan berupa paket sandang, sembako dan alat bantu kepada korban bencana, disabilitas serta panti asuhan, Senin (05/08/2024).

Bantuan-bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian di halaman Kantor Dinsos Pontianak.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Kadinsos Kota Pontianak, Trisnawati menerangkan, bahwa bantuan ini juga diberikan dalam rangka peringatan HUT ke-79 RI. Ada tiga kelompok penerima bantuan, yaitu 20 orang korban kebakaran, 2 penyandang disabilitas serta 1 panti asuhan.

“Mekanisme penyalurannya untuk korban kebakaran dari by name by address kami langsung ke lokasi dan melihat kondisi secara riil, mana di antara mereka yang paling membutuhkan. Untuk penyandang disabilitas mereka mengusulkan dengan bersurat ke dinsos, sedangkan panti asuhan kami menyasar yang paling memerlukan,” papar Tina, sapaan akrabnya.

Baca Juga :  PUPR Kalbar Luruskan Informasi Soal Jalan Provinsi di Ketapang Gagal Mutu

Usai penyerahan, pihaknya senantiasa mengawasi proses dari penerima. Ke depan harapannya, terjadi perbaikan usai mendapat bantuan.

“Atensi dari masyarakat cukup antusias, kami ingin menyisir sekolah-sekolah untuk alat bantu disabilitas,” tuturnya.

Kepedulian terhadap lingkungan juga menjadi sasaran Dinsos Kota Pontianak dalam memeriahkan HUT ke-79 RI dengan menyerahkan tanaman kepada sekolah-sekolah, terutama lokasi rawan kebakaran di SMPN 8 Pontianak dan SMPN 29 Pontianak.

“Dinsos bersama Tagana juga telah melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan membersihkan dan menanam pohon di lingkungan Pusat Layanan Anak Terpadu (PLAT) serta Unit Pelayanan Rehabilitasi Sosial (UPRS),” pungkasnya.

Sementara itu, satu di antara penerima alat bantu jalan, Malisin (50 tahun) mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemkot Pontianak.

Baca Juga :  Pemkot Terima Bantuan 20 Bak Sampah Lewat Program CSR Indomaret

Alhamdulillah bersyukur mendapat bantuan dari Pemkot karena setelah kecelakaan lalu lintas menyebabkan kaki saya tidak bisa berjalan dan harus menunggu operasi, sehingga alat bantu jalan ini sangat memudahkan,” kata warga Pontianak Timur itu.

Sehari-hari, Malisin bekerja sebagai buruh ikan. Namun sejak mengalami kecelakaan, dirinya sudah tidak bisa bekerja lagi. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, ia dibantu oleh anak-anaknya yang telah bekerja.

“Saya buruh ikan, sudah lama 20 tahun, sekarang tidak bisa beraktivitas lagi, sehingga pemasukan mengharapkan anak-anak,” terangnya. (Jau)

Comment