IKA Unhas Kalbar Persembahkan 79 Kantong Darah Untuk Hari Kemerdekaan RI

KalbarOnline, Pontianak – Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Kalbar menggelar aksi sosial berupa donor darah dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024, di Kantor Sekretariat IKA Unhas Kalbar, Jalan Perdana nomor 999 Pontianak, Sabtu (10/08/2024).

Dalam aksi sosial tersebut, IKA Unhas Kalbar menyiapkan sebanyak 79 kantong darah bagi pendonor yang telah terdaftar, baik dari anggota dan masyarakat umum.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Kegiatan ini merupakan rangkaian  menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, sehingga IKA Unhas, mengadakan aksi sosial dengan mengumpulkan 79 kantong darah dari para anggotanya dan masyarakat umum untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke 79 di Kalimantan Barat,” kata Joni T Parinding, ketua panitia pelaksanaan donor darah.

Joni menyambung, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan juga komitmen IKA Unhas dalam mendukung kesehatan masyarakat.

“Kegiatan donor darah ini melibatkan/bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), dinas kesehatan serta pemerintah daerah setempat, khususnya masyarakat sekitar sekretariat IKA Unhas Kalbar” ujarnya.

Baca Juga :  Dua Tahun Ekspor Bauksit, Progres Pembangunan Smelter di Kalbar ‘Nihil’

Joni menambahkan, adapun darah yang sudah terkumpul nantinya akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan melalui PMI atau rumah sakit setempat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua IKA Unhas Kalbar, Toasin Asha menyampaikan, bahwa selain donor darah, IKA Unhas juga mengadakan berbagai bentuk bakti sosial, seperti layanan kesehatan gratis dan pembagian sembako, khususnya bagi mereka yang telah mendonorkan darahnya.

“Pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan berupa pemeriksaan kolesterol, asam urat, gula darah dan bantuan kepada masyarakat yang hadir di kegiatan bakti sosial tersebut,” katanya.

“Tentunya kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk merayakan hari kemerdekaan, tetapi juga untuk memperkuat solidaritas sosial dan membangun kebersamaan di antara para alumni dan masyarakat,” tambah Toasin.

Ia menambahkan, melalui bakti sosial ini, IKA Unhas berusaha untuk memberikan dampak positif dan nyata kepada masyarakat, sekaligus bagaimana memperingati kemerdekaan dengan cara yang bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Santri Tulang Punggung Negara : Tata Kehidupan Keberagaman

“Acara ini dikemas secara menarik dan akrab antara IKA Unhas dengan peserta donor darah, hal ini terlihat dengan didirikannya game-game menarik, dialog-dialog antara panitia dan peserta, juga dengan disuguhkan doorprize menarik dari pendukung acara,” ungkap Toasin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Kalbar, Yuliana sangat mengapresiasi upaya IKA Unhas yang telah menginisiasi bakti sosial dengan melibatkan masyarakat sekitar.

“Tentunya dengan keaktifan IKA Unhas yang baru seumur jagung dibentuk, memberikan bukti nyata bahwa IKA Unhas Kalbar memiliki harapan besar untuk dapat bersinergi dengan berbagai pihak, khususnya dinas kesehatan untuk bersama-sama menjadi mitra dinas dalam bidang kesehatan,” katanya.

“Selamat dan tetap berkiprah dalam membantu pemerintah dalam menangani permasalahan yang ada, khususnya ketersediaan darah dan bidang kesehatan lainnya,” tutup Yuliana. (Jau)

Comment