Kolaborasi PKK dan PMI Kalbar, Gelar Donor Darah Jelang Hari Kemerdekaan

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari menghadiri bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka peringatan HarI Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Aula Markas PMI Kalbar, Selasa (06/08/2024).

Windy menerangkan, kalau sepanjang Agustus ini, pihaknya menggelar berbagai aksi sosial dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Saya selaku Ketua Panitia Aksi Sosial HUT ke-79 RI bersama perangkat daerah, PMI Kalbar, Rumah Zakat dan lainnya menggelar 24 aksi sosial. Salah satunya donor darah,” katanya.

“Lalu kemarin kami juga sudah melaksanakan pemberian bantuan (bansos), tes IVA tentang kanker, deteksi dini talasemia, mengunjungi anak kanker di RSUD Soedarso, turun langsung memberikan bantuan dibeberapa kabupaten/kota di Kalbar. Kami juga akan melaksanakan sunatan massal tidak menggunakan jarum,” sambung Windy.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada PMI Kalbar yang telah membersamai dalam aksi-aksi sosial yang diadakan. Dalam aksi donor darah ini, pihaknya juga memberikan sosialisasi dan informasi kepada para pendonor, hingga masyarakat bisa memahami ketika menjadi pendonor bukan hanya dapat membantu yang membutuhkan, tetapi juga bisa menjadi sehat.

Baca Juga :  Bergaya di Istana Negara, Harisson dan Windy Tampil Elok Berbatik Corak Insang

“Dengan mendonorkan darah secara rutin setiap dua bulan sekali,” ucapnya.

Windy juga mendorong agar aksi sosial donor darah terus dilaksanakan pada setiap event.

“Jangan bosan membuat orang mau menjadi pendonor darah. Apalagi yang kita butuhkan saat ini bank pendonor darah tetap, yang memang sudah digaungkan Gubernur Kalbar periode 2018-2024 Bapak Sutarmidji,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua PMI Kalbar, Lismaryani mengungkapkan, aksi sosial donor darah yang diadakan di Markas PMI Kalbar kemarin merupakai gawai dari TP PKK Kalbar. Menurutnya sepanjang tahun, di setiap event atau hari-hari besar, pihaknya selalu turut serta menggelar donor darah untuk membantu kebutuhan terhadap kantong darah.

“Ini gawainya TP PKK Kalbar, setiap tahunnya dalam gawai besar apapun di provinsi Kalbar, misalnya HUT Pemprov (Kalbat), selalu diadakan donor darah. Kemudian pada gelaran HUT BUMN dan BUMD juga diadakan donor darah,” katanya.

Lismaryani menceritakan, bulan lalu, pihaknya juga telah menggelar donor darah di Bank Indonesia (BI). Saat itu, dari target 1.000 kantong darah, berhasil terkumpul sampai 3.000 kantong darah.

Baca Juga :  Peringati Hari Pers Nasional ke-78, PLN dan PWI Kalteng Gelar Donor Darah

“Darah-darah tersebut langsung kami serahkan kepada masyarakat yang membutuhkan, termasuk 500 kantong untuk membantu penderita talasemia di Kalbar. Alhamdulillah setiap tahun kita adakan agenda ini,” paparnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar mau menjadi pendonor darah tetap. Apalagi saat ini, donor darah sudah bisa dilakukan setiap dua bulan.

“Saya memberikan apresiasi atas kepedulian masyarakat Kalbar untuk terus peduli menjadi pendonor darah. Termasuk ada beberapa pendonor juga yang telah mendapatkan penghargaan dari presiden lantaran telah mendonorkan darah 100 kali,” ujarnya.

“Kemudian pada apel 17 Agustus nanti, PMI Kalbar juga akan memberikan pin emas untuk pendonor yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 75 kali,” terang Lismaryani menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, sekaligus diserahkan bantuan beras dari Pemprov Kalbar, masing-masing sebanyak 200 kilogram kepada satu lembaga amil zakat, dan dua panti asuhan. (Jau)

Comment