Jusuf Kalla Puji Jejak Kinerja Sutarmidji, Jadikan Markas PMI Kalbar yang Terbesar dan Termegah se-Indonesia

KalbarOnline, Pontianak – Wajah Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Muhammad Jusuf Kalla terlihat kagum saat menyambangi markas PMI Provinsi Kalbar yang terletak di Jalan Sutoyo Pontianak, pada Jumat (13/09/2024).

Kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 kala itu tampak didampingi oleh Ketua Bidang Organisasi PMI, Fachmi Idris. Keduanya disambut oleh para pengurus PMI Kalbar serta relawan.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Sekretaris PMI Kalbar, Abussamah yang juga selaku Kepala Biro Hukum Setda Kalbar menyampaikan, adapun tujuan dari kunjungan Jusuf Kalla ini untuk meninjau langsung markas PMI Kalbar yang telah beroperasi kurang lebih 1 tahun yang lalu.

Ia menyampaikan, bahwa raut wajah Jusuf Kalla saat itu terlihat menunjukkan kesan kagum dan puas tatkala ia memasuki gedung tersebut dan melihat aula PMI. Jusuf Kalla juga memuji, kalau markas dan aula PMI Kalbar ini merupakan yang termegah dan terbesar di Indonesia.

Baca Juga :  Lismaryani ke Relawan PMI: Nama Baik Memang Tidak Diperlombakan Tapi Harus Dipertahankan

“Pak Jusuf Kalla tadi mengatakan kepada kami bahwa, markas PMI dan Aula PMI ini merupakan markas Palang Merah Indonesia yang terbesar dan termegah se-Indonesia,” kata Abussamah.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla saat meninjau Markas PMI Kalbar. (Foto: **)

Sebagai informasi, bahwa pembangunan markas PMI Kalbar ini dilakukan pada zaman kepemimpinan Sutarmidji menjadi Gubernur Kalbar. Pembangunannya dimulai pada Kamis 6 April 2023 dan tuntas diresmikan pada 18 Agustus 2023.

Pembangunan markas baru ini memang telah dijanjikan oleh Sutarmidji—yakni dalam pidatonya saat membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) PMI Kalbar ke-XIII tahun 2022, di Hotel Ibis Pontianak, Jumat 18 November 2022.

Seperti diketahui, bahwa PMI Provinsi Kalbar sebelumnya menempati gedung yang sudah kurang layak di Jalan KH Achmad Dahlan nomor 17, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota.

Baca Juga :  BMKG Sebut Kondisi Cuaca Dukung Pencarian Korban Pesawat Jatuh

Guna mendukung kerja-kerja kemanusiaan yang dilakukan PMI, Pemerintah Provinsi Kalbar pun kala itu membangunkan gedung baru yang lebih representatif yang terletak di bekas gedung Kantor UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Pandan Puloh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar, Jalan Sutoyo, Kota Pontianak. 

Markas PMI Provinsi Kalbar ini dibangun di atas tanah seluas 2.971 m², yang terdiri dari gedung markas dua lantai dengan luas 750 m² dan gedung aula pertemuan seluas 512 m². (Jau)

Comment