Windy Dorong Sinergi dan Peningkatan Kapasitas TP PKK Untuk Pembangunan Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari Harisson membuka kegiatan peningkatan Kapasitas Pengurus TP PKK provinsi dan kabupaten/kota se Kalimantan Barat, di Hotel Gajah Mada Pontianak, Senin (23/09/2024).

Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi program dan meningkatkan kapasitas pengurus TP PKK dalam menghadapi tantangan pembangunan di Kalimantan Barat.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Windy menekankan pentingnya keselarasan program kerja antara TP PKK provinsi dan kabupaten/kota. Kegiatan ini dilaksanakan khusus untuk sekretaris dan bendahara pengurus, karena mereka berperan penting dalam memastikan sinergi program di tingkat internal.

TP PKK kata dia, memiliki 10 program kerja yang dijabarkan dalam 4 pokja dan 4 bidang program kegiatan. Sinergi antara program-program ini menjadi kunci untuk mencapai tujuan besar TP PKK sebagai mitra Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam pembangunan.

Baca Juga :  Bahasan Minta Pelaku Ekraf Terus Berkreasi dan Ciptakan Inovasi

“Kita harus bersinergi untuk mengatasi tiga isu besar nasional: stunting, kemiskinan ekstrem, dan inflasi,” tegas Windy.

TP PKK Provinsi Kalbar, lanjutnya, saat ini telah melakukan berbagai inovasi dalam menangani stunting, termasuk turun ke lapangan, serbu posyandu, masak di posyandu, program orang tua dan kakak asuh stunting, serta inspeksi ke sekolah untuk memberikan edukasi tentang pranikah pada remaja putri.

“Kita juga harus memahami kebutuhan nutrisi utama anak-anak kita untuk mencegah stunting pada bayi dibawah dua tahun dengan memenuhi kebutuhan tiga komponen yaitu karbohidrat, protein hewani, dan lemak,” terang Windy.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini juga turut menghadirkan narasumber dari bidang pemberdayaan masyarakat dan public speaking.

“Kami ingin pengurus TP PKK mampu menyampaikan edukasi dengan baik kepada masyarakat,” jelas Windy.

Baca Juga :  Sutarmidji: Masyarakat Harus Mempunyai Pemahaman Keuangan Syariah

Dengan peningkatan kapasitas dan sinergi program yang lebih baik, TP PKK diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam pembangunan Kalimantan Barat.

“Mari kita bekerja sama untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih sejahtera,” ajak Windy.

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus TP PKK provinsi dan kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Mereka mengikuti berbagai sesi pelatihan dan diskusi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menjalankan program-program PKK.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk memperkuat peran TP PKK dalam pembangunan Kalimantan Barat. Dengan sinergi dan kapasitas yang lebih baik, TP PKK dapat menjadi motor penggerak perubahan positif di masyarakat. (Jau)

Comment