Pj Bupati Kubu Raya Apresiasi Lomba Masak Menu Cegah Stunting

KalbarOnline, Kubu Raya – Peringati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungai Ambawang menggelar lomba masakan olahan dari berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Lomba yang juga menjadi bagian dari upaya pencegahan stunting itu dibuka langsung Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Alhamdulillah, Kecamatan Sungai Ambawang mengadakan kegiatan peringatan HKG PKK dengan sosialisasi terkait penurunan angka stunting. Karena di PKK ini ada 10 program pokok PKK di mana salah satunya bidang kesehatan,” ungkap Kamaruzaman usai membuka kegiatan itu di Aula Kantor Camat Sungai Ambawang, Kamis (26/09/2024).

Kamaruzaman mengatakan, bahwa kegiatan lomba masakan olahan ini diikuti 15 peserta dengan ragam kreasi.

Baca Juga :  Sambangi Posyandu di Sambas, Windy Tekankan Tiga Komponen Penting Isi MPASI Tepat Gizi

“Mereka menunjukkan kreasinya untuk menyajikan olahan-olahan lokal yang bisa ditampilkan dan menjadi sebuah keanekaragaman produk untuk diterapkan di setiap rumah tangga yang ada di Kubu Raya,” katanya.

Kamaruzaman mengapresiasi kesemarakan lomba dan suasana yang berlangsung cair. Ia pun memuji kiprah PKK sebagai mitra pemerintah daerah.

“Ibu-ibu PKK adalah garda terdepan untuk bermitra dengan pemerintah dalam kegiatan pembangunan di 10 program pokok PKK-nya itu,” ujarnya.

Secara khusus, Kamaruzaman menilai, angka stunting di Kecamatan Sungai Ambawang mulai menurun. Hal itu menurutnya tidak lepas dari pengaruh kebijakan pemerintah provinsi, kabupaten, hingga kecamatan.

“Bagaimana selalu memberikan gizi yang lengkap baik dari proteinnya, lemak nabatinya dan sebagainya. Itu juga menjadi fokus kita untuk menurunkan angka stunting,” ucapnya.

Baca Juga :  Kalbar Dimonitor Langsung oleh Pusat untuk Aksinya Turunkan Stunting

Kamaruzaman menyatakan, pemberian nutrisi difokuskan kepada anak usia mulai 0 – 59 bulan.

“Ternyata menunjukkan tren yang signifikan untuk penurunan. Sehingga kita terus melakukan secara sinergis berkolaborasi dengan para pihak yang salah satunya PKK. Alhamdulillah ada penurunan. Kita terus berupaya secara masif yang dilakukan  di semua sektor, di semua pemangku kepentingan yang terus melakukan sosialisasi bagaimana untuk terus bisa menurunkan stunting di Kubu Raya,” terangnya. (Jau)

Comment