Krisantus Janjikan Pembangunan yang Lebih Merata dan Berkeadilan Bagi Seluruh Masyarakat Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2,  Krisantus Kurniawan disambut antusias oleh warga dan anak muda di Aming Coffee Podomoro, Rabu (02/10/2024) malam.

Cawagub pasangan Calon Gubernur Kalbar Ria Norsan itu membaur tak bersekat dalam event bertajuk “Ekspresi Semangat Baru”.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Event ini merupakan acara hiburan rakyat yang dikemas dengan pengecekan kesehatan gratis. Animo masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Krisantus menyampaikan sejumlah program kerja yang dia rancang bersama Ria Norsan jika terpilih menjadi Gubernur dan Wagub Kalbar.

“Program kami tak muluk-muluk. Jangan berikan harapan tinggi, bercita-cita setinggi langit tapi hanya sampai kaki bukit. Kami tak seperti itu,” ujarnya.

Cawagub kelahiran Sanggau itu menyebutkan, bahwa program prioritas yang digodok akan menyesuaikan porsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalbar.

“Kami buat program sesuai APBD. Pertama tentu infrastruktur. Kemudian soal tata ruang yang harus dibenahi. Lalu keterlibatan dan pemberdayaan generasi muda dalam berbagai sektor,” katanya.

Krisantus memaparkan, untuk program infrastruktur, dia bersama Norsan bakal menghadirkan pembangunan dengan pemerataan dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat di Kalbar.

Sementara untuk pembenahan tata ruang, menurut Krisantus, hal itu mesti dilakukan mengingat maraknya permasalahan tumpang tindih lahan yang merugikan masyarakat.

Baca Juga :  Legislator PAN Pontianak Setuju Pembelian MinyaKita Gunakan KTP

“Banyak desa yang berada di kawasan hutan lindung misalnya. Kasihan warga. Padahal mereka sudah menghuni lahan mereka sudah sejak lama,” ujarnya.

Di sisi lain, soal pertambangan rakyat yang memang harus dibenahi hingga menciptakan rasa keadilan bagi masyarakat yang menggantungkan hidup di bidang itu.

Krisantus merasa iba terhadap Masyarakat penambang yang kerap ditangkap. Sementara ada kelompok tertentu yang menikmati hasil tersebut.

“Lebih baik dimanfaatkan agar bisa jadi PAD. Lebih baik kita berikan WPR (wilayah pertambangan rakyat) dan IPR (izin pertambangan rakyat). Sehingga ada kontribusi bukan ke kocek orang tertentu,” tegasnya.

Di sisi lain, pasangan Norsan-Krisantus juga akan melibatkan peran aktif anak muda, untuk memberikan masukan konstruktif dan efektif bagi pemerintah guna pembangunan daerah yang berbasis pemerataan.

“Kita dorong anak muda berpartisipasi. Kita berikan ruang untuk mengelola UMKM. Harus digerakkan sebagai generasi pengganti kami. Peran pemerintah harus dioptimalkan untuk anak muda dan ini ada dalam visi misi kami,” paparnya.

Yang tak kalah penting, Krisantus memastikan, bersama Ria Norsan akan membuka lapangan pekerjaan sebanyak mungkin. Dengan menerapkan kebijakan tertentu agar menampung angkatan kerja yang sebagian besar adalah anak-anak muda.

Baca Juga :  Tiba di Pontianak, Kapolda Baru Disambut Langsung Didi Haryono dan Forkopimda Kalbar

“Anak muda selesai kuliah memandang hampa ke depan. Tak tahu tujuan hidup. Makanya kita akan atur investasi yang masuk ke daerah agar bisa menciptakan serapan tenaga kerja. Saat ini, di aturan gubernur tak merincikan soal aturan ketenagakerjaan dalam investasi yang masuk,” jelasnya.

Krisantus juga memastikan, dia bersama Cagub Ria Norsan akan tegas terhadap investasi yang akan masuk ke daerah. Investor yang akan berinvestasi harus mengikuti aturan pemerintah yang mampu memberdayakan masyarakat.

Selain menyampaikan program kerja, Krisantus juga memberikan motivasi bagi generasi muda. Dia meminta anak muda terus meningkatkan potensi diri menghadapi tantangan ke depan.

“Harus tetap mengupgrade diri sendiri, mungkin suatu saat kalian jadi gubernur, wali kota, DPR. Tentu resepnya adalah kemampuan SDM. Bukan minum arak. Jauhi minuman keras, jauhi pergaulan bebas, narkoba dan paham radikal,” pungkasnya. (**)

Comment