Ani Sofian Pantau Kesiapan Event Tari Jepin Massal

Siagakan Petugas Pengamanan dan Tenaga Medis

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak, Ani Sofian meninjau lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan tari jepin massal. Sebanyak 36 ribu peserta akan menari Jepin di sepanjang Jalan Ahmad Yani, mulai dari depan Polda Kalbar hingga persimpangan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama.

Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan menjelang H-1 pelaksanaan event akbar merayakan Hari Jadi ke-253 Pontianak yang akan digelar Minggu (20/10/2024). Dengan berjalan kaki, Ani Sofian menyusuri trotoar dari depan Mapolda Kalbar hingga di zona 15 (depan Polnep) yang akan menjadi panggung utama pembukaan tari jepin massal. Sesekali ia memeriksa kantong sampah yang terikat pada tiang di sepanjang trotoar.

Ia menerangkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak telah membagi lokasi menjadi 36 zona. Setiap kecamatan diberi tugas dan tanggung jawab masing-masing enam zona. Selain itu, untuk pengamanan, pihaknya melibatkan anggota Polri yang sudah berkomitmen untuk membantu kelancaran tari jepin massal. Jumlah personel Polri yang dikerahkan sebanyak 300 personel, ditambah Satpol PP dan Dishub Kota Pontianak serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pontianak.

Baca Juga :  Permasalahan Kekurangan Guru, Samion: Tidak Hanya di Singkawang

“Untuk petugas medis juga disiagakan, masing-masing zona kita siapkan satu petugas serta mobil ambulan ada enam unit. Kemudian mobil pemadam kebakaran juga kita siapkan, serta juga kita siapkan WC umum,” ujarnya saat meninjau lokasi pelaksanaan jepin massal, Sabtu (19/10/2024) malam.

Untuk menjaga agar lokasi tetap bersih dari sampah, pihaknya juga telah menyiapkan kantong-kantong sampah darurat dengan menyediakan karung-karung yang diikat di sejumlah tiang sepanjang trotoar.

Baca Juga :  Ani Sofian Dorong Perempuan Lebih Berperan dalam Pembangunan Kota

“Saya minta peserta jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada kantong-kantong yang telah kita sediakan di sepanjang trotoar,” pesannya.

Pj Wali Kota mengingatkan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti Jepin Massal supaya datang lebih awal untuk memudahkan panitia dalam mengatur barisan. Tari jepin massal ini akan dimulai pukul 06.00 WIB, dan pukul 07.00 WIB diharapkan sudah selesai.

“Maka dari itu, saya minta kepada seluruh ASN Pemkot Pontianak untuk datang lebih awal, saya berharap pukul 05.00 WIB sudah ada di tempat dan saya pun akan datang lebih awal,” pungkasnya. (Jau)

Comment