Apresiasi Topindoku, Harisson Dorong Digitalisasi UMKM Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson bersama Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari menghadiri peluncuran Aplikasi Kasflo dan Program Kepo In Srikaya Kalimantan Barat, di Pendopo Gubernur Kalbar, Kamis (11/07/2024) malam.

Acara ini juga menandai kerjasama antara PT Topindo Solusi Komunika Tbk dengan beberapa desa wisata dan sektor pariwisata lokal.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Topindoku meluncurkan Aplikasi Kasflo, sebuah POS (Point of Sale) kasir gratis yang dirancang khusus untuk mendukung UMKM, restoran dan ritel. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih yang memudahkan pengelolaan operasional, dari penjualan dan pembukuan hingga laporan keuangan.

Dengan Kasflo, pemilik usaha bisa memantau transaksi secara real-time dan mengelola multi-cabang dengan mudah. Aplikasi ini juga mendukung QRIS dinamis dan web commerce gratis untuk pembayaran yang lebih efisien.

Baca Juga :  Menkes RI Apresiasi Keseriusan Pemprov Kalbar Tekan Angka Talasemia Daerah

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Harisson memuji inisiatif Topindoku yang dipimpin oleh Bung Seiko, seorang tokoh muda dari Kalbar. Ia menilai, aplikasi ini sebagai langkah besar dalam digitalisasi UMKM di Kalimantan Barat.

“Kasflo akan membantu UMKM dalam memperkuat digitalisasi dan meningkatkan efisiensi operasional mereka,” ujarnya.

Kalimantan Barat memiliki sekitar 172.521 UMKM, terdiri dari 170.162 usaha mikro, 2.179 usaha kecil, dan 180 usaha menengah, menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun 2024. Pj Gubernur pun menekankan pentingnya perhatian pemerintah terhadap sektor UMKM, yang berperan vital dalam perekonomian lokal.

Baca Juga :  Caleg Milenial Ini Ajak Warkop di Pontianak Bikin Playlist Musisi Lokal

Harisson juga menyatakan dukungannya terhadap pengembangan UMKM di era digital. “Kami akan terus memfasilitasi dan mendukung UMKM dengan menyediakan akses ke aplikasi seperti Kasflo secara gratis,” tambahnya.

Kasflo adalah solusi ideal bagi pemilik usaha kecil dan restoran yang ingin meningkatkan efisiensi tanpa biaya besar. Aplikasi ini membantu otomatisasi banyak aspek operasional bisnis, mulai dari pencatatan transaksi hingga pembuatan laporan keuangan.

Dengan peluncuran Kasflo dan dukungan penuh dari pemerintah, diharapkan UMKM di Kalimantan Barat dapat berkembang pesat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah. (Jau)

Comment