Pj Bupati Kubu Raya Hadiri Haul Agung Raja Kubu ke-236, Harapkan Jadi Wisata Religi Unggulan

KalbarOnline.com – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, menghadiri Haul Agung Raja Kubu ke-236 yang digelar di Halaman Keraton Kubu, Kecamatan Kubu, pada Sabtu (27/7/2024). Dalam acara tersebut, Kamaruzaman menegaskan bahwa Haul Agung ini adalah momen penting untuk mengenang semangat juang para pendahulu, khususnya Habaib Sayyid Idrus bin Sayyid Abdurrahman al-Idrus, pendiri Kerajaan Kubu.

“Semangat juang beliau menjadi teladan bagi seluruh masyarakat Kubu Raya. Teladan dalam kebijaksanaan, keharmonisan, persatuan, serta persaudaraan dan kebajikan,” ungkap Syarif Kamaruzaman dalam sambutannya.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Menurut Kamaruzaman, Kerajaan Kubu adalah aset budaya dan sejarah yang sangat berharga bagi masyarakat Kubu Raya dan Kalimantan Barat. Pelaksanaan acara haul ini, lanjutnya, merupakan bentuk kepedulian bersama dalam melestarikan warisan budaya dan sejarah yang ada di Kubu Raya.

Baca Juga :  LAKIP Dari 36 SKPD Kubu Raya Peroleh Penilaian, DPMPTSP Jadi Yang Terbaik

“Acara haul ini menunjukkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan dan legitimasi sejarah Kerajaan Kubu,” ujar Kamaruzaman.

Ia juga menambahkan bahwa prosesi Haul Agung bisa dijadikan sebagai bahan kajian dan sumber informasi mengenai situs-situs sejarah di Kerajaan Kubu. “Banyak situs dan peninggalan sejarah di Kubu yang bisa digali lebih dalam, seperti makam raja-raja Kubu dan kawasan Keraton Kerajaan Kubu, yang dapat dijadikan sebagai kawasan cagar budaya,” tambahnya.

Baca Juga :  Terpilih Sebagai Anggota DPRD Kalbar Periode 2019-2024, Suib : Siap Jalankan Amanah Rakyat

Kamaruzaman berharap acara haul yang juga dirangkai dengan tablig akbar ini terus menjadi agenda tahunan wisata religi di Kabupaten Kubu Raya. “Saya berharap Haul Agung ini bisa menjadi wisata religi unggulan di Kubu Raya, menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung, terutama ke Kecamatan Kubu,” harapnya.

Comment