Presiden Jokowi Minta Seluruh Kepala Daerah Dorong Percepatan Realisasi APBD

KalbarOnline, Kaltim – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengundang seluruh kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang HUT ke-79 RI.

Sebagaimana diketahui, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2024 ini akan dipusatkan di dua tempat, yakni di IKN Kalimantan Timur (Kaltim) dan Istana Merdeka Jakarta.

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian hadir bersama kepala daerah se-Indonesia di Istana Garuda IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kaltim, Selasa (13/08/2024).

Ani Sofian bilang, arahan Presiden RI pada pertemuan tersebut, antara lain meminta kepada seluruh kepala daerah meningkatkan daya beli masyarakat dengan mempercepat realisasi belanja. Apalagi, rerata realisasi belanja APBD kabupaten/kota seluruh Indonesia masih cukup rendah, yakni di angka 31 persen.

Baca Juga :  Liga Mini Soccer Series I Jadi Wadah Kumpul Para ASN Pemkot Pontianak

“Untuk Kota Pontianak realisasi belanja per 13 Agustus 2024 sudah mencapai 51,19 persen, sementara realisasi pendapatan 61,93 persen,” ujarnya.

Meski angka realisasi APBD Kota Pontianak di atas rerata nasional, pihaknya akan terus mendorong percepatan pelaksanaan kegiatan. Dengan meningkatkan realisasi tersebut, ia berharap uang yang beredar di masyarakat semakin banyak sehingga daya beli masyarakat ikut meningkat.

“Sedangkan dari sisi pendapatan dengan melakukan penagihan pajak dan retribusi daerah, mempermudah pelayanan dan memperbaiki aturan penerimaan daerah,” katanya.

Lebih lanjut, Ani Sofian menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mempermudah proses perizinan bagi para investor sebagaimana arahan Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Kantah Mempawah Gelar Sidang GTRA, Upaya Tuntaskan Persoalan Redistribusi Kawasan Hutan

“Kita tentunya mendukung apa yang disampaikan Bapak Presiden karena investasi itu penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” imbuhnya.

Terkait pengendalian inflasi, Pj Wali Kota menyatakan, bahwa pihaknya terus berkoordinasi intens dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) maupun Tim Satgas Ketahanan Pangan untuk memantau dan menjaga stabilitas harga-harga kebutuhan pokok di Kota Pontianak.

“Kita juga secara berkala melakukan pemantauan stok dan harga pangan di pasar, pemberian bantuan sembako kepada masyarakat miskin serta menggelar pasar murah, Semua itu upaya dalam menjaga inflasi tetap terkendali,” pungkasnya. (Jau)

Comment