Pontianak Tempati Peringkat Enam Kota dengan Inflasi Terendah Nasional

KalbarOnline.com – Kota Pontianak kembali mencatat prestasi dalam pengendalian inflasi. Data terbaru menunjukkan bahwa inflasi di Pontianak pada Agustus 2024 berada di angka 1,31 persen, menempatkan kota ini di peringkat enam nasional untuk inflasi terendah. Pencapaian ini menambah daftar prestasi Pontianak yang sebelumnya juga mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas konsistensinya dalam menjaga inflasi rendah selama setahun terakhir.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan berpuas diri dan akan terus berfokus pada kesejahteraan masyarakat serta peningkatan daya beli. “Ini menjadi satu langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kita ingin daya beli masyarakat terus meningkat,” ujarnya usai mengikuti rapat koordinasi inflasi secara virtual di Pontive Center, Selasa (3/9/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

Dibandingkan tahun lalu, inflasi di Kota Pontianak menunjukkan penurunan yang signifikan, dari 3,74 persen pada Agustus 2023 menjadi 1,31 persen pada Agustus 2024. Beberapa komoditas yang menjadi penyumbang inflasi di bulan Agustus 2024 antara lain kacang panjang, kopi bubuk, dan cabai rawit. Sementara itu, beberapa komoditas lain seperti daging ayam ras dan bawang merah justru mengalami penurunan harga.

Baca Juga :  Beasiswa Pelajar SMP yang Kendarai Motor Terancam Dicabut

Ani Sofian menjelaskan bahwa pengendalian inflasi ini tidak terlepas dari berbagai upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pontianak, termasuk Gerakan ASN Menanam Sayur dan pengembangan sorgum sebagai pengganti nasi.

Baca Juga :  Hilangkan Stigma Negatif, Bhabinkamtibmas Sungai Ringin Edukasi dan Informasikan Rekrutmen Polri ke Warga

“Strategi kebijakan 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif sangat penting. Kami akan terus menajamkan program untuk mengatasi lonjakan inflasi,” tutupnya. (Jau)

Comment