Pj Ketua Dekranasda Kalbar Windy Prihastari Sebut Kolaborasi Kunci Keberhasilan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalbar.

Hal itu disampaikan Windy yang juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar saat menjadi narasumber talkshow bersama Radio Sonora di Bandara Supadio, pada Kamis (03/10/2024).

IKLAN17AGUSTUSCMIDANBGA

“Membangun pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalbar tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri. Kolaborasi dan sinergi menjadi kunci utama,” ujar Windy.

Windy mengatakan, salah satu bentuk kolaborasi yang telah dijalin adalah dengan pihak PT Angkasa Pura. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Disporapar Kalbar bersama Angkasa Pura berkomitmen untuk terus mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Kalimantan Barat.

“Kami telah menyediakan Tourist Information Center (TIC) dan Electronic Tourist Information Center di Angkasa Pura untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kalimantan Barat. Bandara merupakan etalase pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga perlu dioptimalkan,” jelas Windy.

Baca Juga :  Windy Matangkan Persiapan Venue Cabor Panjat Tebing Menuju Popda 2023

Dalam kesempatan itu, Windy juga menyampaikan apresiasinya atas peningkatan kunjungan wisatawan nusantara di Kalimantan Barat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pada tahun 2023 terjadi peningkatan sebesar 35,4 persen, menempatkan Kalimantan Barat di posisi ke-6 secara nasional.

“Data BPS bulan Juli 2024 menunjukkan peningkatan kunjungan wisatawan nusantara mencapai 77,5 persen atau 4,7 juta orang. Target kita di tahun 2024 ini adalah 6 juta wisatawan, sesuai dengan target Kemenparekraf. Saya optimis target ini dapat tercapai,” ungkap Windy.

Untuk mencapai target tersebut, Disporapar Kalbar telah menyusun beberapa strategi, diantaranya yaitu dengan membuat kalender wisata Kalimantan Barat, Merencanakan event pariwisata, baik sport event, MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition), maupun event budaya, Meningkatkan promosi pariwisata dan kuliner Kalimantan Barat melalui berbagai media, termasuk media sosial, media elektronik, media cetak, dan influencer.

Baca Juga :  Pecah Telur! Atlet Hapkido Devi Safitri Sumbang Medali Emas Pertama untuk Kalbar di PON Aceh-Sumut 2024

Windy menambahkan, bahwa Kalimantan Barat telah sukses menyelenggarakan berbagai event besar tingkat nasional. Event tersebut turut berkontribusi pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Kalimantan Barat.

Dengan strategi yang terencana, kolaborasi yang solid, dan semangat optimisme yang tinggi, Kalimantan Barat siap menyambut lebih banyak wisatawan nusantara dan mancanegara.

Windy berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, menjadikan Kalimantan Barat sebagai destinasi unggulan yang kaya akan budaya, alam dan kuliner serta memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (Lid)

Comment